Mau Merakit PC Gaming Dengan Budget Terbatas? Ikuti Tips Ini

Siapa bilang merakit PC gaming butuh dana yang sangat besar? Sebenarnya anda bisa merakit PC gaming dengan dana yang tidak terlalu besar. Pasalnya di jaman sekarang mulai banyak vendor komponen komputer yang mulai melirik pasar gaming low end.

Namun demikian, jelas ada perbedaan antara PC gaming yang dirakit dengan dana yang cukup besar dengan PC gaming yang dirakit dengan dana terbatas. Salah satu perbedaannya bisa dirasakan dari performanya.

Anda tetap bisa memainkan berbagai macam game terbaru dengan menggunakan PC gaming low end tersebut, Namun anda tidak bisa menikmati tampilan maksimal game tersebut seperti ketika anda menggunakan PC game high end.

Lalu bagaimana cara merakit PC gaming dengan budget yang terbatas? Bagaimana cara merakit PC gaming yang beberapa tahun lagi masih bisa di-upgrade beberapa komponennya? Baca dan ikuti tips-tips merakit PC gaming dengan budget terbatas di artikel ini.

4 Tips Merakit PC Gaming Low Budget yang Masih Bisa di Upgrade

Mau Merakit PC Gaming Dengan Budget Terbatas Ikuti Tips Ini (1.175 Kata)

Bagi anda yang ingin memiliki komputer dengan spesifikasi gaming, anda tidak perlu mengeluarkan dana yang cukup besar di awal.

Anda bisa merakit PC gaming secara bertahap. Selama mengumpulkan dana untuk melakukan upgrade beberapa komponen, anda masih bisa memainkan berbagai macam game terbaru dengan menggunakan PC gaming low end tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips merakit PC gaming dengan budget terbatas yang masih bisa di-upgrade komponennya beberapa tahun mendatang:

1. Pilih motherboard dan prosesor semaksimal mungkin sesuai dengan budget yang anda miliki

Jika anda ingin merakit PC gaming dengan budget yang terbatas dan masih bisa di-upgrade, pastikan untuk memilih prosesor dan juga motherboard semaksimal mungkin sesuai dengan budget yang anda miliki.

Motherboard dan prosesor memang merupakan 2 komponen inti dan saling berhubungan di dalam komputer. Sebisa mungkin pilih motherboard dengan harga yang tidak berbeda jauh dengan harga prosesor yang anda gunakan.



Jika memang memungkinkan, pilih motherboard yang harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga prosesor yang anda gunakan.

Baca Juga :   Instal Wine 1.5.7 pada Ubuntu/Linux Mint

Kenapa? Karena semakin mahal harga motherboard, biasanya semakin tinggi durabilitasnya. Selain itu, fitur di motherboard yang harganya cukup tinggi juga ada banyak.

Baca juga : Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Ketika Merakit Komputer Sendiri

Lalu berapa perkiraan harga motherboard yang cocok digunakan untuk bermain game? Untuk motherboard, sebisa mungkin pilih yang minimal dijual dengan harga Rp 1.500.000.

Selain harga, sebisa mungkin pilih motherboard yang memiliki integrated GPU. Motherboard yang dilengkapi dengan integrated GPU akan sangat menghemat budget karena anda tidak perlu membeli kartu grafis terlebih dahulu.

Untuk mereknya sendiri, sebisa mungkin pilih MSI ataupun ASUS. ASUS maupun MSI bahkan sudah memiliki beberapa produk motherboard low end dengan spesifikasi gaming.

Sebagai tambahan, pastikan untuk memilih motherboard yang sudah mendukung penggunaan RAM tipe DDR4. Kenapa? Karena RAM DDR4 merupakan teknologi terbaru yang harganya jauh lebih murah dan performanya juga jauh lebih baik.

Untuk prosesor, jika memang budget anda terbatas dan kemungkinan besar komputer tersebut hanya akan anda gunakan untuk bermain game, maka prosesor yang cocok adalah AMD.

Kebanyakan orang yang merakit PC gaming low budget memang lebih memilih prosesor AMD. Kenapa? Karena prosesor AMD dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan prosesor dari Intel.

Baca Juga : Begini Cara Tepat Memilih Prosesor Untuk Gaming di PC Anda

Namun meskipun harga dari prosesor AMD lebih murah dari prosesor Intel, kualitas dari prosesor AMD tidak kalah. Bahkan ada beberapa tipe prosesor AMD low end yang mengalahkan prosesor low end dari Intel.

2. Gunakan RAM DDR4 dengan kapasitas minimal 4GB

Setelah beres memilih prosesor dan motherboard, hal selanjutnya yang perlu anda persiapkan untuk merakit PC gaming low budget adalah RAM.

RAM merupakan salah satu komponen yang peranannya cukup tinggi dalam hal gaming. Untuk merakit PC gaming low budget, pastikan anda memilih RAM bertipe DDR4 (pastikan motherboard yang anda pilih sudah support penggunaan DDR4).

Baca Juga :   Resiko menggunakan Teknik Black Hat SEO

DDR4 merupakan teknologi memori RAM terbaru yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan memori RAM DDR3. Selain itu, lebih mudah juga mendapatkan memori RAM DDR4 di jaman sekarang.

Untuk kapasitas RAM sendiri, anda disarankan untuk membeli RAM DDR4 dengan kapasitas minimal 4GB. Selain itu, sebisa mungkin beli RAM DDR4 berkapasitas 4GB dalam bentuk 1 keping.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Casing PC Murah Tidak Disarankan Untuk PC Gaming

Hal tersebut akan sangat membantu dalam menghemat penggunaan slot RAM pada motherboard anda (sangat penting terutama bagi anda yang menggunakan motherboard yang hanya memiliki dual channel RAM).

3. Pilih PSU dengan output pure minimal 400 Watt

Selain prosesor, motherboard, dan juga RAM, PSU juga merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk diperhatikan ketika merakit PC gaming.

Meskipun anda akan merakit PC gaming low budget, sebisa mungkin jangan menggunakan PSU biasa. Pastikan langsung menggunakan PSU dengan output pure minimal 400 watt.

Kenapa? Karena semakin besar output PSU maka akan semakin maksimal kinerja komponen komputer anda. Semakin rendah output PSU maka akan semakin melempem performa komputer anda nantinya.

PSU dengan output pure minimal 400 Watt biasanya dijual dengan harga Rp 600.000 sampai Rp 800.000. Beberapa merek PSU dengan output pure minimal 400 Watt yang cukup baik kualitasnya adalah Corsair, Enlight, dan juga Deep Cool.

4. Pilih SSD dibandingkan dengan HDD

Setelah PSU, masih ada satu lagi komponen penting yang harus anda perhatikan ketika akan merakit PC gaming low end. Komponen penting berikutnya adalah tempat penyimpanan data.

Ada 2 tipe tempat penyimpanan data yang bisa anda gunakan di jaman sekarang. Anda bisa menggunakan HDD maupun SSD. Keduanya cukup baik untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan PC gaming.

Namun jika dana anda masih tersisa, sebaiknya pilih SSD dibandingkan dengan HDD. Kenapa? Karena SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih tinggi dibandingkan dengan HDD.

Baca Juga :   Nonaktifkan URL Otomatis Pada Google Chrome

Selain itu, merakit PC gaming dengan menggunakan SSD juga jauh lebih awet dibandingkan dengan yang menggunakan HDD.
Menariknya lagi, PC gaming yang menggunakan SSD juga tidak mengeluarkan bunyi berisik dari putaran piringan HDD.

Bagi anda yang ingin merakit PC gaming dengan menggunakan SSD, harga SSD termurah saat ini dengan kapasitas 128 GB adalah Rp 700.000. Merek SSD tersebut adalah Patriot Spark.

Beragam Komponen PC Gaming yang Perlu Diupgrade

Beragam Komponen PC Gaming yang Perlu Diupgrade

Setelah membaca tips mengenai merakit PC gaming low end, selanjutnya anda juga perlu mengetahui komponen apa saja yang nantinya perlu di-upgrade.

Berikut ini adalah beberapa komponen PC gaming yang nantinya perlu di-upgrade ataupun ditambahkan:

1. Kapasitas RAM

Bagi anda yang merakit PC gaming low end dengan menggunakan RAM berkapasitas 4GB, anda bisa melakukan upgrade kapasitas RAM tersebut.

Jika anda sudah memiliki cukup dana, tambahkan RAM dengan kapasitas 4GB lagi untuk meringankan beban prosesor anda ketika bermain game.

Mayoritas game terbaru di jaman sekarang membutuhkan minimal RAM dengan kapasitas 4GB. Jadi jika anda ingin bermain game dengan tampilan yang maksimal, anda wajib menambah kapasitas RAM PC gaming menjadi total 8 GB.

2. Kartu grafis

Jika anda merakit PC gaming dengan menggunakan motherboard yang dilengkapi dengan integrated GPU, maka hal yang perlu anda lakukan ketika sudah memiliki cukup dana adalah membeli kartu grafis.

PC gaming yang sudah dilengkapi dengan kartu grafis jelas akan memiliki performa yang berbeda jauh. Selain tampilannya yang menjadi lebih apik, PC gaming yang sudah dilengkapi dengan kartu grafis juga akan semakin ringan kerjanya, terutama ketika digunakan untuk bermain game.

Jadi sekarang anda sudah cukup paham bukan mengenai apa saja komponen yang perlu anda persiapkan untuk merakit PC gaming low end? Jika anda mengikuti tips merakit PC gaming yang dijelaskan di artikel ini, kemungkinan besar anda hanya membutuhkan dana sekitar Rp 5.000.000 untuk merakit PC gaming low end pertama anda.

Leave a Reply