Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Ketika Merakit Komputer Sendiri

Komputer memang jauh lebih awet jika dibandingkan dengan laptop, apalagi jika anda membeli komputer yang dirakit sendiri.

Merakit komputer sendiri dapat meningkatkan keawetan dikarenakan anda bisa memilih komponen-komponen terbaik sesuai dengan dana yang anda miliki.

Cukup banyak orang yang mulai memilih merakit komputer sendiri dibandingkan dengan membeli paketan komputer yang disediakan oleh toko. Namun sayangnya, masih banyak orang yang melakukan kesalahan ketika merakit komputer sendiri.

Kesalahan-kesalahan kecil dalam perakitan komputer juga akan sangat mempengaruhi kinerjanya. Selain itu, kesalahan dalam perakitan juga dapat memperpendek umur beberapa komponen komputer.

Oleh sebab itu, jika anda juga berencana untuk merakit komputer sendiri, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu mengenai apa saja kesalahan yang seringkali dilakukan pemula ketika merakit komputer sendiri di artikel ini.

Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Ketika Merakit Komputer Sendiri

4 Kesalahan Kecil yang Berdampak Sangat Besar Ketika Merakit Komputer Sendiri

Bagi anda yang ingin merakit komputer sendiri, sebisa mungkin hindari melakukan beberapa kesalahan kecil namun dampaknya sangat fatal berikut ini:

1. Tidak memasang pelindung motherboard

Setiap motherboard baru pasti dilengkapi dengan pelindung. Pelindung motherboard yang dimaksud adalah alas yang terbuat dari bahan seperti spon.

Kebanyakan orang mengira benda tersebut hanya digunakan sebagai pelindung motherboard ketika masih di dalam kemasan. Sebenarnya benda tersebut wajib dipasang antara casing dan motherboard.

Fungsi dari pelindung motherboard tersebut adalah untuk mencegah aliran listrik statis.



Salah satu kerugian jika anda merakit komputer tanpa memasang pelindung motherboard ini adalah tingginya risiko motherboard anda mengalami kerusakan karena listrik statis.

2. Menyambungkan hard disk dengan kabel PSU yang tidak tepat

Selain dalam hal pemasangan motherboard, kebanyakan orang juga sering salah merakit komputer, terutama dalam hal menghubungkan hard disk dengan PSU.

Baca Juga :   Aged Domain, untuk SEO Instant

PSU memiliki banyak kabel – kabel pada cpu untuk dihubungkan ke beberapa perangkat. Namun ada satu kabel power khusus yang sebenarnya diperuntukkan bagi hard disk.

Kabel PSU yang khusus untuk hard disk adalah kabel yang sama sekali tidak memiliki cabang. Kenapa kabel yang digunakan khusus untuk hard disk tidak bercabang?

Karena hard disk adalah salah satu komponen komputer yang membutuhkan daya listrik yang stabil. Oleh sebab itu, komponen tersebut memang sebaiknya tidak diparalel dengan komponen lain.

Jika anda memparalelkan kabel power hard disk dengan perangkat lain, kemungkinan besar putaran piringan hard disk tidak akan maksimal. Hal tersebut bisa menyebabkan hard disk lebih berisiko mengalami kerusakan.

Selain lebih mudah rusak, performa hard disk dalam membaca dan menulis data juga akan terasa lebih lambat dari seharusnya.

3. Tidak mengunci posisi hard disk dengan benar

Kesalahan lain yang juga seringkali dilakukan oleh pemula ketika merakit komputer sendiri adalah tidak mengunci posisi hard disk dengan benar di dalam casing.

Setiap casing komputer pasti memiliki tempat khusus untuk memasang hard disk. Di setiap tempat hard disk tersebut pasti disediakan lubang sekrup untuk mengunci posisi hard disk.

Sayangnya, banyak sekali orang yang menganggap remeh hal tersebut. kebanyakan orang tidak memasang sekrup di kedua sisi hard disk. Padahal hal tersebut merupakan pemasangan hard disk yang salah.

Kesalahan dalam pemasangan hard disk tersebut juga dapat menyebabkan umur hard disk menjadi lebih pendek. Kenapa? Karena posisi hard disk yang tidak stabil secara otomatis juga akan mempengaruhi putaran piringan di dalamnya.

Jadi jika anda tidak mau umur hard disk anda menjadi lebih pendek, pastikan untuk mengunci posisi hard disk anda dengan benar. Pastikan untuk memasang semua sekrup hard disk baik di sisi kiri maupun kanan casing.

Baca Juga :   Game Linux Keren terbaik dan Terbaru

4. Tidak memasang kipas tambahan di dalam casing

Satu lagi kesalahan yang juga cukup sering dilakukan oleh pemula ketika merakit komputer sendiri adalah tidak memasang kipas tambahan di dalam casing.

Setiap casing komputer pasti disediakan lubang ventilasi khusus untuk memasang kipas tambahan. Sebisa mungkin pasang minimal 2 kipas tambahan di dalam casing komputer.

Bagian yang perlu dipasang kipas tambahan adalah di bagian belakang casing dan juga di bagian samping casing.
Memasang 2 kipas di bagian tersebut akan sangat membantu menurunkan suhu komponen komputer ketika digunakan.

Baca Juga : Ini Alasan Kenapa Casing PC Murah Tidak Disarankan Untuk PC Gaming

Jika anda tidak memasang kipas tambahan di dalam casing, kemungkinan besar semua komponen komputer anda akan mengalami penurunan usia pakai. Kenapa? Karena mayoritas komponen komputer akan lebih sering mengalami kondisi over heat ketika anda tidak memasang kipas tambahan di dalam casing.

Merakit komputer sendiri memang tidak sulit. Sudah banyak buku panduan merakit komputer yang bisa menjadi rujukan. Langkah langkah merakit pc dari awal sampai akhir pun mudah dipahami. Namun ada cukup banyak hal yang harus anda perhatikan jika ingin merakit komputer dengan sempurna. Kesalahan-kesalahan kecil dalam perakitan komputer yang sudah dijelaskan di artikel ini benar-benar berdampak besar pada usia komputer anda. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari melakukan kesalahan-kesalahan tersebut ketika merakit komputer sendiri.

Leave a Reply