Ini Keuntungan dan Kerugian Mematikan Windows Update di Komputer

Sistem operasi Windows memang seringkali melakukan update, terutama jika anda menggunakan sistem operasi Windows 10 yang tergolong sebagai sistem operasi terbaru dari Microsoft.

Jika anda menggunakan sistem operasi Windows 10 genuine atau versi original, jelas fitur terpenting yang ada di dalam sistem operasi yang bisa anda nikmati adalah fitur auto update.

Namun berbicara mengenai fitur Windows update tersebut, banyak orang yang memilih untuk mematikan Windows update. Namun demikian, tidak sedikit pula yang tetap mengaktifkan fitur tersebut.

Lalu apa sebenarnya anda juga harus mematikan Windows update tersebut? Untuk menentukan apakah anda sebaiknya mematikan Windows update atau tetap mengaktifkannya, anda bisa membaca terlebih dahulu mengenai apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari mematikan Windows update di artikel ini.

3 Kerugian Terbesar Mematikan Windows Update di Komputer Anda

Ini Keuntungan dan Kerugian Mematikan Windows Update di Komputer

Windows update memang sebenarnya merupakan salah satu fitur terpenting di sistem operasi buatan Microsoft. Oleh sebab itu, mematikan Windows update jelas cukup banyak kerugiannya.

Baca juga : Cara mengaktifkan atau Mematikan Automatic Update di Windows 7

Berikut ini merupakan beberapa macam kerugian terbesar yang harus anda tanggung ketika lebih memilih mematikan Windows update di komputer anda:

1. Banyak bug yang tidak dapat diperbaiki di sistem operasi yang anda gunakan

Salah satu kerugian terbesar yang harus anda tanggung jika lebih memilih mematikan Windows update adalah mayoritas bug pada sistem operasi di komputer anda tidak bisa diperbaiki.

Sebagai sistem operasi yang masih tergolong baru, Windows 10 masih memiliki cukup banyak bug. Oleh sebab itu, Microsoft sangat aktif dalam memberikan Pembaruan sistem bagi pengguna sistem operasi Windows 10 original.



Mayoritas Pembaruan sistem yang diberikan oleh Microsoft tersebut berfungsi untuk memperbaiki berbagai bug yang ada di dalam sistem operasi Windows 10.

Baca Juga :   Cara Blokir aplikasi menggunakan Windows firewall

Dengan semakin banyak bug yang berhasil diperbaiki, jelas performa dari sistem operasi Windows 10 akan semakin baik.

2. Jauh lebih berisiko terserang virus yang berbahaya

Selain banyaknya bug yang tidak bisa diperbaiki, mematikan Windows update di komputer anda juga membuat komputer menjadi lebih berisiko terserang virus baru yang cukup berbahaya.

Beberapa waktu lalu ada satu virus yang bernama ransom malware yang memanfaatkan celah dari sistem Windows 10.

Namun tidak lama, Microsoft langsung mengeluarkan update untuk menutup celah yang digunakan oleh virus tersebut.
Jika anda mematikan Windows update di komputer, jelas komputer anda akan sangat mudah terserang berbagai virus setipe ransom malware.

3. Tidak mendapatkan pembaruan pengamanan untuk bertransaksi secara online

Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi buatan Microsoft yang terkenal memiliki sistem pengamanan transaksi online yang cukup kuat.

Namun sampai saat ini, Microsoft masih terus mengembangkan sistem pengamanan transaksi online agar semakin aman.
Hal tersebut dilakukan Microsoft melalui update sistem operasi terbaru yang dilakukan secara berkala.

Hal ini jelas tidak akan anda dapatkan jika anda lebih memilih mematikan Windows update. Secara otomatis, komputer anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10 juga tidak akan terlalu aman lagi untuk digunakan bertransaksi online.

Keuntungan Mematikan Windows Update di Komputer Anda

Meskipun memang ada cukup banyak kerugian dari mematikan Windows update, namun banyak orang yang sebenarnya juga merasakan beberapa keuntungan dari mematikan fitur unggulan dari sistem operasi Windows tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa macam keuntungan yang sering dirasakan oleh orang setelah mereka mematikan Windows update:

1. Tidak perlu menunggu proses update sistem operasi

Fitur auto update di sistem operasi Windows 10 memang dapat menyempurnakan sistem operasi yang anda gunakan. Namun demikian, seringkali fitur tersebut justru mengganggu produktifitas.

Baca Juga :   Usaha Online Shop Untuk Pemula - Inilah Cara Jualan yang Efektif

Salah satu contohnya adalah ketika komputer akan digunakan, tiba-tiba sistem memberikan informasi untuk melakukan restart agar sistem bisa memasang semua update terbaru pada sistem anda.

Hal ini semakin parah ketika file update yang harus dipasang di sistem operasi komputer anda sangat besar. Mau tidak mau anda harus menunggu hingga proses pemasangan file update tersebut selesai sebelum bisa menggunakan komputer anda.

Karena itulah, cukup banyak orang merasa bahwa fitur update di sistem operasi Windows ini justru menganggu. Itulah kenapa lebih banyak orang memilih untuk mematikan Windows update daripada mengaktifkannya.

2. Mengurangi kapasitas tempat penyimpanan data

Selain karena proses pemasangan file update yang seringkali terjadi secara acak dan juga lama, alasan lain kenapa orang-orang lebih memilih untuk mematikan Windows update adalah karena file update sistem operasi dari Microsoft tersebut juga semakin lama semakin mengurangi kapasitas tempat penyimpanan data.

Hal ini biasanya dialami oleh orang-orang yang sudah menggunakan SSD. Kapasitas SSD memang biasanya masih cukup kecil jika dibandingkan dengan HDD. Oleh sebab itu, file update sistem operasi Windows 10 jelas akan sangat terasa memenuhi kapasitas tempat penyimpanan data.

Jika kapasitas penyimpanan data komputer mulai penuh, update sistem operasi sebaik apapun juga akan percuma karena komputer juga tetap akan terasa semakin lambat.

3. Cukup banyak update file yang sebenarnya tidak terlalu bermanfaat

Update yang dilakukan oleh Microsoft memang berfungsi untuk menyempurnakan performa dari sistem operasi Windows 10. Namun sayangnya, cukup banyak file update yang sebenarnya tidak terlalu bermanfaat.

Oleh sebab itu, banyak orang mulai memilih untuk mematikan Windows update meskipun mereka sadar bahwa hal tersebut membuat komputernya rawan terserang virus.

Baca Juga :   Resiko menggunakan Teknik Black Hat SEO

Namun menurut banyak orang yang lebih memilih mematikan Windows update, mereka justru merasakan sistem operasi Windows 10 sudah cukup baik tanpa adanya update file dari Microsoft.

Setelah membaca apa saja keuntungan dan juga kerugian dari mematikan Windows update, apakah anda akan tetap mengaktifkan fitur unggulan tersebut di komputer anda? Ataukah anda justru akan segera mematikan Windows update setelah membaca artikel ini?

Leave a Reply