Begini Cara Tepat Memilih Prosesor Untuk Gaming di PC Anda

Harga pc gaming rakitan sekarang ini semakin mahal. Salah satu Solusinya adalah merakit sendiri PC Gaming. Merakit PC gaming berbeda dengan merakit PC tipe lainnya. Anda benar-benar harus memperhatikan banyak hal ketika merakit PC gaming.

Ada cukup banyak komponen yang harus anda pilih dengan teliti jika anda ingin membangun sebuah komputer gaming murah atau PC Gaming Kelas atas yang bisa digunakan untuk bermain game kesukaan anda.

Salah satu komponen yang cukup mempengaruhi performa PC anda ketika digunakan untuk bermain game nanti adalah prosesor. Berbicara mengenai prosesor untuk gaming, ada 2 merek dan berbagai seri prosesor yang bisa anda pilih. Dua merek processor gaming terbaik yang terkenal adalah Intel dan AMD.

Masalahnya, sudah pahamkah anda mengenai apa saja yang perlu anda perhatikan ketika akan memilih prosesor untuk gaming? Jika sampai saat ini anda masih belum mengetahui apa saja poin-poin penting yang harus anda perhatikan untuk memilih prosesor untuk gaming, sebaiknya baca terlebih dahulu poin-poin penting tersebut di artikel ini.

Begini Cara Tepat Memilih Prosesor Untuk Gaming di PC Anda

 

8 Poin Penting yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Prosesor Untuk Gaming

Jika anda ingin membangun PC gaming dan masih bingung menentukan prosesor untuk gaming apa yang akan anda gunakan, anda bisa menggunakan poin-poin berikut ini untuk memilih prosesor untuk gaming apa yang sebaiknya anda gunakan:

1. Kecepatan clock prosesor

Poin penting pertama yang wajib anda perhatikan ketika menentukan prosesor untuk gaming apa yang akan anda gunakan adalah kecepatan clocknya.

Jika anda ingin bisa memainkan game apapun dengan lancar, sebaiknya minimal gunakan prosesor yang memiliki kecepatan clock 3,5 Ghz. Jika anda memiliki dana yang lebih, anda sebaiknya memilih prosesor yang kecepatan clocknya jauh lebih tinggi dari 3,5 Ghz.

Baca Juga :   Cara mengaktifkan atau Mematikan Automatic Update di Windows 7

Semakin tinggi kecepatan clock prosesor, maka akan semakin nyaman digunakan untuk bermain game seberat apapun.



2. Jumlah inti prosesor

Jaman sekarang prosesor tidak hanya memiliki satu inti saja. Prosesor jaman sekarang minimal memiliki 2 inti yang bisa bekerja secara bersamaan.

Semakin banyak jumlah inti dari sebuah prosesor, maka akan semakin tinggi performa prosesor tersebut ketika digunakan untuk multi tasking.

Sampai saat ini setidaknya terdapat 3 macam prosesor jika dilihat dari jumlah intinya. Ada prosesor dengan 2 inti, 4 inti, dan 8 inti. Prosesor untuk gaming yang paling disarankan jelas adalah yang memiliki 8 inti karena performanya benar-benar tidak perlu diragukan lagi.

Namun jika dana anda terbatas, anda bisa memilih prosesor untuk gaming dengan jumlah inti 4 ataupun 2. Prosesor dengan 2 inti tetap bisa digunakan untuk bermain game asalkan memiliki kecepatan clock yang cukup tinggi.

3. Kapasitas cache

Setiap prosesor juga dilengkapi dengan memori untuk menyimpan cache. Fungsi dari cache tersebut adalah untuk menyimpan sementara data-data yang sedang diproses oleh prosesor.

Karena fungsinya cukup vital, maka jelas kapasitas cache pada prosesor juga biasa menjadi pertimbangan ketika akan memilih prosesor untuk gaming. Semakin besar kapasitas cache dari prosesor, maka akan semakin nyaman digunakan untuk bermain game.

Jika anda memang memiliki dana yang cukup besar, sebisa mungkin pilih prosesor untuk gaming dengan kapasitas cache sebesar 8 MB. Namun jika dana anda cukup terbatas, anda bisa memilih prosesor yang memiliki kapasitas cache sebesar 6 MB.

4. Fitur GPU

GPU merupakan salah satu hal yang peranannya sangat besar terutama untuk bermain game. Menariknya, sudah ada beberapa merek dan tipe prosesor yang dilengkapi juga dengan fitur GPU.

Prosesor untuk gaming yang juga dilengkapi dengan fitur GPU ini sangat cocok dipilih jika budget anda memang cukup terbatas untuk merakit PC gaming.

Baca Juga :   Mengenal istilah Domain dan Hosting

Pasalnya dengan menggunakan prosesor yang sudah dilengkapi dengan fitur GPU di dalamnya, anda sementara waktu tidak perlu membeli kartu grafis terlebih dahulu.

Namun demikian, tampilan grafis game yang dimainkan menggunakan prosesor untuk gaming yang dilengkapi dengan fitur GPU ini memang tidak sebaik PC gaming yang menggunakan kartu grafis.

5. Fitur multi thread

Selain fitur GPU, anda juga perlu memperhatikan ada tidaknya fitur multi thread ketika akan memilih prosesor untuk gaming. Multi thread ini adalah satu fitur khusus yang membuat prosesor menjadi seperti memiliki inti lebih banyak dari sebenarnya.

Fitur multi thread ini membuat prosesor mampu mengerjakan lebih banyak tugas dengan cepat. Menariknya lagi, prosesor yang sudah dilengkapi dengan fitur multi thread ini bahkan bisa mengalahkan prosesor dengan inti lebih banyak namun belum memiliki fitur multi thread ini.

6. Fitur overclock

Poin selanjutnya yang juga perlu anda perhatikan ketika akan memilih prosesor untuk gaming adalah ada tidaknya fitur overclock.

Apa pentingnya fitur overclock ini untuk PC gaming? Fitur overclock ini memang sebenarnya tidak terlalu penting bagi anda yang hanya ingin menggunakan PC untuk bermain game.

Namun jika anda memilih menggunakan prosesor untuk gaming yang sudah dilengkapi dengan fitur overclock, anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan kecepatan clock prosesor anda ketika dibutuhkan.

Selain itu, prosesor yang sudah dilengkapi fitur overclock ini biasanya juga lebih awet ketika digunakan dalam batasan wajar. Kenapa? Karena ketahanan prosesor dengan fitur overclock memang dibuat lebih tinggi dari prosesor lain.

7. Besarnya kebutuhan daya listrik

Selain fitur dan juga kecepatan clocknya, anda juga perlu memperhatikan mengenai berapa besar kebutuhan daya listrik yang dibutuhkan oleh sebuah prosesor untuk gaming.

Baca Juga :   Game Linux Keren terbaik dan Terbaru

Jangan sampai PSU yang anda gunakan tidak mampu mencukupi daya yang dibutuhkan seluruh komponen PC anda. Sebisa mungkin pilih prosesor untuk gaming yang tidak membutuhkan daya listrik yang terlalu besar.

Sudah ada cukup banyak tipe prosesor untuk gaming yang hemat daya di jaman sekarang. Jadi sebisa mungkin pilih prosesor yang hemat daya tersebut.

8. Merek prosesor

Hal terakhir yang perlu anda perhatikan juga ketika akan memilih prosesor untuk gaming adalah mereknya.

Berbicara mengenai merek, sampai saat ini ada 2 merek prosesor besar yaitu Intel dan juga AMD. Masing-masing memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Bagi anda yang memiliki budget terbatas, anda lebih disarankan untuk memilih prosesor dari AMD. Jika dana anda cukup besar untuk merakit PC gaming, anda sebaiknya memilih menggunakan prosesor untuk gaming dari Intel.
Prosesor dari Intel memang lebih menang dalam hal multimedia dan juga desain, terutama desain 3 dimensi. Prosesor AMD cenderung lebih baik ketika digunakan untuk tujuan gaming. Sampai saat ini, untuk komputer gaming terbaik masih dipegang oleh kedua raksasa tersebut.

Jika anda memperhatikan 8 poin yang dijelaskan di artikel ini, kemungkinan besar anda bisa dengan mudah memilih prosesor untuk gaming yang paling tepat, baik dari segi budget maupun kebutuhan. Dengan begitu, anda dapat mulai mencari prosesor yang bagus untuk game pc di berbagai Toko Online mulai sekarang.

Apakah setelah membaca artikel ini anda masih merasa bingung memilih prosesor untuk gaming yang paling cocok dengan kebutuhan anda? Jika memang anda masih bingung, tuliskan apa yang membingungkan bagi anda tersebut ya.

Leave a Reply