Mau belanja online? gunakan tips ini agar tidak tertipu

Diposting pada

Belanja online murah dengan aman adalah tujuan utama saat bertransaksi di dunia maya. Tapi untuk mendapatkan rasa aman itu, anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mencari website belanja online indonesia
yang aman dan terpercaya. Sebenarnya jika anda tahu tips untuk belanja online dengan aman, maka anda akan menghemat banyak waktu anda. Lalu, tips apa saja yang dimaksud itu? mari kita bahasa bersama-sama.

Tips belanja online dengan aman

1. Lihat reputasi penjual

Untuk tips yang pertama, anda harus lihat terlebih dahulu reputasi dari penjual yang sudah anda targetkan. Yang akan menjadi fokus utama anda adalah berapa banyak barang yang penjual tersebut yang sudah terjual. Semakin banyak barang yang telah terjual, maka semakin bagus. Jika barang yang dijual ternyata masih sedikit yang laku, periksa kolom komentar si penjual. Biasanya disitu pembeli sebelumnya akan meninggalkan sedikit testimonial untuk si penjual. Ini juga bisa menjadi patokan anda dalam menilai reputasi penjual.

2. Sistem pembayaran

Sistem pembayaran yang ada sekarang ini ada dua macam. yaitu COD (Cash On Delivery) dan juga RekBer (Rekening Bersama). Ini penjelasan dari kedua sistem tersebut.
COD ( Cash On Delivery ) adalah metode pembayaran yang umum digunakan. Yaitu secara bertatap muka langsung dengan si penjual. Dengan sistem ini, maka penipuan akan yang akan terjadi kemungkinannya sangat kecil sekali. Anda dapat langsung memeriksa barang yang akan beli, mengetahui kekurangan barang tersebut, dan juga dapat menambah teman.
RekBer ( Rekening Bersama ) adalah metode pembayaran yang memakai pihak ketiga sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Misalnya anda membeli suatu barang, tapi anda tidak langsung mentransfer ke pembeli. Melainkan anda harus transfer ke pihak ketiga. Ketika pihak ketiga tersebut menerima dana dari anda, maka pihak ketiga ini akan memberi kabar ke penjual untuk mengirimkan barangnya ke anda. Setelah barangnya anda terima, pihak ketiga akan mencairkan dana yang telah ditahan ke penjual. Sudah banyak marketplace yang menggunakan metode ini. Seperti situs belanja online Blibli, Shopee, Tokopedia, Zalora id, dan lain-lain.

3. Hindari harga yang terlalu jauh dibawah harga pasar

Anda mendapatkan barang dengan harga yang sangat murah? maka berhati-hatilah. Umumnya perbedaan harga barang yang dijual ada pada range Rp.5000-Rp.150.000. Jangan sampai yang anda beli itu barang KW alias barang tiruan. Bandingkan dahulu dengan yang ada pada situs resminya agar anda tidak tertipu.

4. Hindari transfer langsung ke penjual.

Jangan karena anda sudah merasa sudah cocok dengan harga dan barangnya, anda langsung transfer ke penjual. Ini sangat beresiko karena anda sendiri hanya mengenalnya melalui dunia maya. Tanyakan kepada penjual apakah menyediakan jasa COD atau Rekber. Ketika anda menanyakan hal itu dan si penjual banyak akal untuk menghindarinya, maka anda wajib berhati-hati.

5. Simpan bukti pembayaran, email, chat dari penjual

Setelah anda merasa cocok dengan barang yang dipilih dan sudah melakukan transaksi, simpan baik-baik bukti pembayarannya. ini akan berguna jika sewaktu-waktu ada masalah dikemudian hari. Jika perlu anda simpan semua percakapan dengan si penjual agar bisa menjadi bukti jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

 

Kesimpulan.

Sebagai konsumen anda harus jeli untuk sebelum membeli secara online. Anda juga harus memastikan apakah tempat belanja online tersebut benar-benar aman atau tidak. Meskipun Situs-situs marketplace yang terkenal telah memperkuat keamanan dan kenyamanan untuk anda saat berbelanja, anda harus tetap waspada. Karena penipu sekarang banyak akal dan banyak alasan yang digunakan untuk menipu konsumen.

Sekian artikel tentang Mau belanja online? gunakan tips ini agar tidak tertipu. Semoga anda aman saat berbelanja.

 

Gambar Gravatar
Stylist, Genius, Web Wizard, Professional Troublemaker, Blogger, Siri's Ex-Boyfriend. Collected all 151 Pokemon.

One thought on “Mau belanja online? gunakan tips ini agar tidak tertipu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *