Cara Jualan Online Menggunakan Media Instagram yang Praktis

Dampak penggunaan internet yang semakin meningkat juga mulai dirasakan pada lini perdagangan. Sekarang, semakin banyak orang yang merasakan nyamannya berbelanja secara online.

Melihat animo perdagangan online yang semakin melejit tentu akan amat sangat disayangkan jika anda tidak mencicipinya.

Jualan online juga tidak terlalu sulit. Ada banyak sekali media yang bisa anda gunakan untuk mulai berjualan online. Jika anda sudah memiliki produk yang akan dijual, anda bisa menggunakan media sosial maupun market place khusus untuk berjualan secara online.

Jika anda tidak mau direpotkan untuk urusan penahanan dana, sebaiknya anda memilih berjualan menggunakan media sosial. Instagram adalah salah satu media promosi online yang cukup efektif untuk berjualan online.

Ada banyak sekali kelebihan berjualan online menggunakan akun Instagram. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

adsense-fallback
  • Tidak perlu bersaing dengan penjual seperti halnya di market place.
  • Lebih cepat mendapatkan pembayaran dari setiap transaksi.
  • Menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Masalahnya, sudah taukah anda tentang bagaimana cara jualan online di Instagram itu? Jika anda belum mengetahui seperti apa cara jualan di Instagram, anda bisa menyimak dan mengikuti cara-cara praktis yang akan kami bagikan di artikel ini.

Buat Akun Instagram yang Profesional.

Jika anda ingin menggunakan akun Instagram untuk berjualan online, ada baiknya sejak awal buatlah akun Instagram yang profesional.

Seperti apakah akun Instagram yang bisa dikatakan profesional tersebut? Berikut ini adalah ciri-ciri dari akun Instagram yang sudah layak untuk digunakan berjualan online:

1. Menggunakan logo sebagai profil picture.

Cara jualan online di Instagram yang wajib anda lakukan adalah menggunakan logo anda sebagai profil picture.

Kenapa harus menggunakan logo? Penggunaan logo ini bertujuan untuk membangun brand anda. Orang-orang jauh lebih mudah mengingat logo dibandingkan dengan nama akun Instagram anda.

2. Buat akun Instagram dengan brand yang singkat.

Nama akun Instagram memang tidak selalu diingat oleh konsumen. Namun demikian, sebisa mungkin pilih brand sesingkat mungkin.

Hal ini membantu mempermudah konsumen untuk mengingat nama akun Instagram anda. Selain itu, usahakan juga untuk menggunakan brand yang sound catchy ketika dilafalkan.

3. Buat akun Instagram bisnis bukan personal.

Tips jualan online di Instagram selanjutnya adalah gunakan akun Instagram bisnis bukan akun Instagram personal.

Akun Instagram bisnis memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan akun Instagram personal. Beberapa kelebihannya adalah seperti adanya fitur insight yang berguna untuk memantau jangkauan konten yang sudah anda publikasikan.

Selain itu, akun Instagram bisnis juga menyediakan fitur khusus untuk melihat domisili, umur, gender, dan waktu aktif dari follower anda.

Anda juga tidak perlu membayar apapun untuk membuat akun Instagram bisnis. Yang anda butuhkan hanyalah akun Facebook saja.

Rajin Mempublikasikan Konten Berkualitas Sesuai Tema Barang yang Anda Jual.

Jika anda berniat untuk menggunakan Instagram sebagai media jualan online, tentu anda harus mulai belajar membuat konten-konten berkualitas.

Selain konten berkualitas, anda juga perlu mengatur jadwal untuk mempublikasikan konten-konten tersebut. Sebisa mungkin publikasikan konten secara berkala selama satu bulan.

Perlu anda ingat, anda juga harus memperhatikan prime time Instagram ketika akan mempublikasikan konten. Jangan mempublikasikan konten pada jam-jam dimana orang-orang masih bekerja.

Publikasikan konten berkualitas anda pada jam-jam dimana orang-orang sedang bersantai. Prime time Instagram sendiri sebenarnya tidak bisa dipatok karena kembali lagi siapa market yang anda targetkan.

Perbanyak Jumlah Follower Akun Instagram Anda.

Cara jualan online di Instagram sehebat apapun tidak akan ada gunanya jika follower akun Instagram anda masih dibawah 1000. Masalahnya, tidak semua follower anda akan menjadi konsumen.

Oleh sebab itu, perbanyak jumlah follower Instagram anda jika anda ingin laris berjualan. Ada banyak sekali cara memperbanyak follower Instagram. Namun kami sarankan gunakan cara-cara manual.

Jangan gunakan cara otomatis untuk menambah follower Instagram. Meskipun mudah, hasil dari cara menambah follower secara otomatis tersebut tidak permanen dan kurang efektif.

Buat Konten Instagram yang Berpontensi Viral.

Cara jualan di Instagram lain yang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membuat konten yang berpotensi viral.

Yang dimaksud konten yang berpotensi viral adalah konten-konten yang layak dibagikan oleh follower maupun non follower akun Instagram anda.

Lalu bagaimana cara membuat konten yang viral di Instagram? Jika akun Instagram anda bertujuan untuk jualan online, anda bisa memberikan diskon bagi orang-orang yang komen dan tag teman-teman pada konten anda.

Cara jualan online di Instagram tersebut tidak hanya efektif untuk meningkatkan penjualan saja, cara tersebut juga sangat efektif untuk meningkatkan jumlah follower anda dan memperkenalkan produk anda ke lebih banyak orang lagi.

Bangkitkan Rasa Penasaran Calon Konsumen.

Banyak tips jualan online di Instagram yang menyarankan untuk memberikan informasi sebanyak mungkin mengenai produk yang anda jual.

Hal ini memang tidak salah, namun sebenarnya kurang tepat. Kenapa? Karena anda sama sekali tidak bisa melakukan follow up pada calon konsumen.

Penjualan sebenarnya kebanyakan terjadi setelah anda bisa berkomunikasi secara langsung dengan calon pembeli. Padahal jika calon pembeli sudah mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan, biasanya mereka tidak akan menghubungi anda.

Oleh sebab itu, sesekali cobalah teknik pemasaran terbalik yaitu dengan cara memberikan sedikit informasi mengenai produk yang anda jual. Berikan keterangan tambahan untuk menghubungi anda jika ingin mendapatkan informasi lebih mengenai produk yang anda jual. Dengan cara ini, anda bahkan bisa merubah orang tipe window shopper menjadi pembeli.

Buat Promo Berbatas Waktu.

Jika anda mau meningkatkan penjualan online menggunakan media Instagram, anda juga bisa mencoba menggunakan metode promo berbatas waktu.

Dengan cara ini, anda secara tidak langsung memaksa calon konsumen untuk mengambil keputusan membeli dalam waktu dekat. Promo berbatas waktu ini semakin luar biasa efeknya jika anda bisa melakukan follow up dengan calon-calon konsumen anda.

Selain itu, anda bisa membuat promo berbatas waktu ini menjadi konten viral di akun instagram anda dengan meminta calon konsumen melakukan tag atau share konten anda kepada teman-temannya.

Kesimpulan.

Cara jualan online di Instagram sebenarnya hampir sama seperti berjualan secara offline. Anda harus memahami dan mempraktekkan teknik-teknik marketing tertentu untuk memancing follower anda menjadi konsumen.

Perlu anda ketahui, cara jualan online di Instagram tersebut tidak menjamin anda akan kebanjiran pesanan dalam waktu singkat. Anda juga tidak dijamin pasti sukses berjualan secara online dengan mengikuti tips jualan online di Instagram tersebut.

Kenapa? Karena terkadang ada beberapa cara jualan online di Instagram yang kurang cocok diterapkan untuk menjual produk-produk anda. Jadi mulai sekarang, mulailah uji coba terlebih dahulu untuk mendapatkan teknik penjualan menggunakan media Instagram yang paling tepat dengan produk anda.

adsense-fallback