Trik Menguasai Linux, Tidak Sulit Kok!

Diposting pada

Trik menguasai Linux masih jarang yang membahas, karena orang-orang memang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Windows. Padahal jika Anda bisa menguasai Linux, ada banyak penghematan yang dapat Anda lakukan, apalagi Linux ini juga open source. Selain itu ada banyak kelebihan lainnya juga, jadi tidak kalah dibandingkan OS Windows juga. Tetapi mungkin Anda membayangkan harus menjadi seorang ahli komputer, atau menjadi seorang expert dahulu baru bisa menggunakan Linux. Sesungguhnya tidak seperti itu juga. Asalkan ada kemauan, Anda bisa mempelajarinya dengan mudah. Berikut beberapa trik yang akan kami bagikan spesial untuk Anda. Mari baca selengkapnya.

 

Kumpulan trik menguasai Linux untuk awam

1. Belajar dari Live CD

Untuk Anda yang belum tahu, ini merupakan salah satu cara yang praktis bagi Anda untuk belajar dan menguasai Linux. Mengapa kami sebut lebih praktis? Sebab dengan menggunakan live CD maka Anda pun tak perlu install Ubuntu dengan permanen dalam komputer Anda. Di mana Live CD merupakan salah satu inovasi dari pemakaian sistem operasi berbasis Linux. Anda juga tidak harus menginstall Linux, tak harus mengorbankan isi harddisk saat hendak mengoperasikan Linux ini. Jadi memanfaatkan Live CD, Anda pun dapat menggunakan Linux dengan aman di komputer memakai CD, cukup booting komputer Anda memakai Live CD kemudian tunggu sebentar, Anda pun akan dapat menggunakan OS Linux secara instant.

 

2. Memilih distro Linux yang paling sesuai

Untuk Anda yang masih awam dalam mempelajari Linux, maka direkomendasikan supaya Anda jangan memilih Linux Slackware, karena sangat susah dan Anda akan mengalami kesulitan karenanya. Tetapi disarankan untuk memilih PCLinuxOS, Ubuntu, Linux Mintatau Mandriva, dan Mempis.

 

3. Berani oprek dan mengobrak-abrik Linux

[sociallocker]Dengan kata lain, Anda harus berani melakukan trial and error. Jangan menyerah untuk mencoba, sebab dengan mencoba maka Anda akan belajar. Akan lebih baik dengan bantuan buku panduan juga atau bisa juga belajar dengan melihat tutorial yang ada di Youtube. Jangan sekaligus langsung dipelajari semua, tetapi Anda bisa mencicilnya. Anda harus memuaskan rasa penasaran dan ingin tahu Anda, terus melakukan eksperimen menggunakan sistem operasi Linux ini hingga Anda cukup terbiasa. Karena itu untuk bisa melakukan ini, sebaiknya Anda memakai CPU yang nganggur atau sedang tak dipakai. Boleh juga menginstall Virtual Machine, jadi software yang memungkinkan untuk mempunyai CPU Virtual pada sistem Windows Anda, kemudian di Virtual Machine itu, Anda pun boleh menginstall hingga puluhan sistem yang lainnya, dan Anda tak perlu takut apabila Windows error.

 

4. Print panduan Linux

Anda dapat membaca panduan tertulis melalui buku yang dijual di toko buku, pastikan menggunakan buku yang terbaru, agar infonya tetap update juga. Selain itu, Anda juga boleh mencari panduan Linux secara online, kemudian save panduan tersebut dan print. Sehingga akan memudahkan Anda saat ingin membacanya. Akan sangat bagus jika Anda bisa bahasa Inggris dan langsung membaca tutorial yang dari situs luar, sebab biasanya informasinya lebih lengkap.

 

5. Belajar di situs LinuxCommand.org

Ini merupakan sebuah situs yang berisikan perintah Linux. Jadi, Anda yang masih baru belajar sistem operasi Linux sekalipun dapat memulainya menggunakan beberapa pertanyaan dasar, salah satu contohnya yakni “Apa itu shell?”. URL situsnya sendiri di linuxcommand.org.

 

Sekian artikel tentang trik menguasai Linux, semoga infonya bermanfaat untuk Anda.[/sociallocker]

Gambar Gravatar
Stylist, Genius, Web Wizard, Professional Troublemaker, Blogger, Siri's Ex-Boyfriend. Collected all 151 Pokemon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *