Tips Belajar Linux bagi Pemula, Tak sesulit yang Anda bayangkan!

Diposting pada

Tips belajar Linux bagi pemula dan yang awam dalam bidang teknologi. Siapapun pasti bisa. Mungkin kebanyakan bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi mainstream, seperti Windows, maka Anda akan merasa jika belajar sistem operasi yang lainnya, contohnya Linux merupakan hal yang mustahil. Tetapi apakah benar seperti itu? Ternyata tidak. Anda tetap dapat belajar dengan mudah, berikut beberapa tips yang kami kira akan dapat membantu Anda untuk belajar dengan lebih cepat lagi, mari baca selengkapnya.

 

Kumpulan tips untuk belajar Linux bagi pemula

 

1. Backup data penting

Yang pertama Anda harus menghilangkan rasa takut. Salah satu yang menyebabkan rasa takut ini adalah Anda kehilangan data-data penting yang ada sekarang, di hard disk komputer Anda. Karena itu, sebelum mulai menginstall Linux untuk Anda belajar, Anda sebaiknya back up terlebih dahulu semua file yang penting. Anda bisa menggunakan hard disk eksternal jika memang file yang harus diback-up cukup besar datanya. Akan berbeda ceritanya jika Anda menginstall Linux di hard disk yang kosong, atau hard disk yang baru beli, yang masih belum ada filenya sama sekali.

 

2. Rajin membaca

Di internet maupun di toko buku, baik yang kecil maupun besar sekalipun, sekarang sudah banyak informasi mengenai sistem operasi Linux yang tersedia. Jadi tinggal kemauan Anda untuk membaca informasi tersebut. Jika memang Anda ingin yang gratis maka Anda dapat membaca melalui situs-situs yang menyediakan informasi terkait Linux. Tetapi mungkin jika Anda membaca melalui situs-situs tersebut secara online, maka Anda tidak tahu harus memulai dari mana. Karena itu, memang disarankan jika memang ini baru kali pertama Anda belajar Linux, Anda sebaiknya belajar terlebih dahulu melalui buku-buku tutorial yang ada. Karena lebih berurutan, mulai dari yang dasar hingga yang kompleks, atau dengan kata lain berurutan.

 

3. Memilih distro yang populer

[sociallocker]Untuk tips ketiga yang juga dapat Anda terapkan yakni Anda sebaiknya memilih distro Linux yang populer. Anda dapat mencari informasi kemudian mendapatkan CD instalasi distro populer yang ada di lingkungan Anda tersebut. Contohnya jika memang teman-teman Anda banyak yang menggunakan Linux Ubuntu, maka Anda dapat menggunakan yang sama juga, sama-sama memakai Linux Ubuntu. Contoh lainnya, jika di lingkungan Anda ada warnet, dan ternyata warnet tersebut memakai Linux SuSE, maka Anda jangan menggunakan Linux Ubuntu tetapi gunakanlah Linux SuSE. Jadi jika ada masalah teknis, Anda dapat berdiskusi dengannya. Walaupun mungkin tidak semua pengelola warnet mau membantu Anda, apalagi jika yang menginstall dan memahami sistem operasi di warnet tersebut tidak ada di tempat.

 

4. Jangan takut

Mungkin Anda takut apabila banyak aplikasi yang tidak dapat dijalankan di Linux. Itu memang benar, banyak software dan aplikasi yang masih belum sepenuhnya support Linux. Tetapi sekarang tujuan Anda adalah belajar, jadi Anda jangan memikirkan itu terlebih dahulu. Anda masih dapat menemukan software alternatif yang juga dapat dijalankan menggunakan sistem operasi Linux tanpa gangguan. Banyak aplikasi yang memang dibuat untuk Linux juga, walaupun Anda tidak menyadarinya, karena memang selama ini Anda menggunakan sistem operasi Windows.

 

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips belajar Linux bagi pemula, dan ternyata tidak sesulit yang dibayangkan oleh Anda sebelumnya. Jadi jangan takut untuk belajar lagi ya.[/sociallocker]

Gambar Gravatar
Stylist, Genius, Web Wizard, Professional Troublemaker, Blogger, Siri's Ex-Boyfriend. Collected all 151 Pokemon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *