Cepat Belajar Linux, Coba Cara yang ini

Cepat belajar Linux, siapa yang tidak mau? Dengan menambah pengetahuan mengenai Linux, maka itu akan sangat menguntungkan Anda. Sesungguhnya mengapa banyak orang tertarik untuk belajar OS Linux ini? Apakah ada perbedaan dibandingkan dengan Windows? Mari baca selengkapnya.

Cepat Belajar Linux, Coba Cara yang ini

Dasar-dasar pengoperasian

Mungkin Anda berpikir jika belajar Sistem Operasi ini benar-benar sulit, jika Anda ingin belajar dengan cepat, maka Anda harus merubah pola pikir tersebut. Tentu ini bukan pertama kalinya Anda menggunakan sistem operasi pada komputer bukan? Tidak masalah walaupun sebelumnya Anda hanya menggunakan OS Windows. Paling tidak itu berarti Anda sudah memiliki dasar, dan sudah terbiasa bekerja dengan itu. Dengan begitu Anda hanya akan membutuhkan waktu yang singkat saja supaya bisa memahami juga menguasai bagaimana mengoperasikan OS Linux dengan baik.

Baca Juga : Linux Ringan Terbaik, berikut ini Daftarnya

Mengenal Distro Linux

Anda juga harus mengetahui tentang distro Linux. Sebelumnya, distro Linux itu merupakan singkatan “Distribusi Linux”, di mana ini merupakan sebutan bagi sistem operasi komputer beserta aplikasinya, adalah keluarga Unix dan memakai kernel Linux. Dan distribusi Linux ini dapat berupa perangkat lunak bebas, juga dapat berupa perangkat lunak yang sifatnya komersial, contohnya adalah SuSE, Red Hat Enterprise, serta lain sebagainya. Nah, sekarang Anda sudah paham pengertian dari Distro Linux – Ini berkaitan dengan cara cepat untuk belajar Linux juga.

Anda harus memilih distro Linux yang tepat. Jika Anda belum mengetahuinya, sekarang ini terdapat cukup banyak jenis Linux yang ada di pasaran. Anda harus memilih satu untuk digunakan. Dalam hal ini, memang disarankan bagi Anda untuk memilih distro yang terpopuler, contohnya yakni Ubuntu. Di mana Ubuntu adalah distro Linux yang paling populer bagi kalangan pemakai desktop personal. Alasan mengapa Ubuntu banyak dipilih karena stabil serta cukup banyak software yang mendukung juga, jadi memang dibandingkan distro yang lain Ubuntu lebih sering dilirik. Mungkin Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Ubuntu, agar bisa belajar lebih cepat, dan jika sudah cukup paham, ke depannya Anda bisa berganti distro Linux yang lainnya.

Baca Juga :   Tutorial Install Wordpress Menggunakan XAMPP

Menonton video tutorial Linux

Jika Anda tak mempunyai teman yang bisa mengajarkan, sesungguhnya itu bukanlah sebuah masalah besar. Sebab Anda dapat menonton video tutorialnya. Ada banyak video tutorial gratisan yang bisa Anda tonton. Ini akan sangat menguntungkan, khususnya untuk Anda yang memiliki keterbatasan budget. Dibandingkan belajar melalui buku komputer, memang dengan menonton video Anda bisa melihat prakteknya secara langsung, sehingga akan memudahkan Anda untuk memahami bagaimana cara menggunakan Linux. Dan jika Anda mengalami masalah teknis, Anda bisa melihat bagaimana cara mengatasinya, dan bisa mem-pause video tutorial tersebut.

Cepat Belajar Linux – Beberapa penjelasan dasar Linux

Berikut akan kami jabarkan beberapa penjelasan dasar terkait OS Linux, yang perlu untuk Anda ketahui juga:

1. Mengetik perintah pada baris perintah

Sama halnya saat Anda mengetikkan command atau perintah pada DOS. Di Linux baris command pun diketikkan pada prompt yang terdapat pada lingkungan shell, kemudian diakhiri “Enter”, supaya command tersebut dieksekusi.

2. List perintah yang perlu Anda ketahui

a. cd : Berpindah pada direktori yang lain
b. chmod : Untuk pengaturan hak akses file maupun direktori
c. clear : Untuk membersihkan keseluruhan layar terminal
d. cp : Untuk menyalin sebuah file
e. date : Untuk menampilkan tanggal beserta waktu



Sampai disini dulu Cepat Belajar Sistem Operasi Linux yang dapat disampaikan. Masih banyak lagi yang lainnya, yang harus Anda pelajari. Akan berlanjut di Cepat Belajar OS Linux lainnya.

Sekian artikel tentang cepat belajar Linux, coba cara yang ini. Nanti akan saya lanjutkan dilain kesempatan. semoga bermanfaat.

Leave a Reply