Linux VS Windows, lebih Baik yang Mana?

Diposting pada

Linux VS Windows, keduanya sesungguhnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi jika Anda menanyakan manakah yang lebih baik, jawabannya relatif, tergantung kebutuhan Anda juga. Sementara untuk cara penggunaan, asalkan Anda mau belajar maka semuanya pasti menjadi mudah. Mari baca selengkapnya.

Linux merupakan OS open source

Linux termasuk ke dalam OS dengan basis Open Source, jadi sebagai pengguna, Anda memiliki kebebasan untuk merubah, mengotak-atik, dan juga menambah pada “Jeroan” sistem operasi tersebut, jika Anda bingung maka Anda dapat membandingkan dengan melakukan root ke Android. Itupun karena Android menggunakan basis Linux. Apabila Anda bandingkan ke sistem operasi Windows yang menggunakan basis close source, tak memungkinkan Anda untuk melakukan hal serupa dengan yang dapat Anda lakukan pada OS Linux. Nah, di sini Anda sudah melihat perbedaan utama dan kelebihan dari menggunakan OS Linux tersebut, dibandingkan OS Windows. Bagi Anda yang senang sistem operasi yang Open Source, memang Linux merupakan pilihan yang tepat.

 

Kelebihan lainnya dari Linux

1. Gratis
Seperti disebutkan sebelumnya, jika sistem operasi Linux ini merupakan Open Source, jadi Anda bisa mendownloadnya tanpa perlu membayar sepeser pun alias gratis. Apabila dibandingkan dengan memakai Windows, Anda harus membayar cukup mahal, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. 
2. Stabil
Dengan menggunakan sistem operasi Linux, Anda juga akan merasakan kestabilan. Memang Linux memiliki kelebihan ini dibandingkan sistem operasi saingan mereka. Apabila Anda kerap mengalami yang namanya crash ketika menjalankan aplikasi menggunakan Windows, maka pengalaman yang berbeda akan Anda rasakan ketika memakai Linux, dapat dibilang kemungkinan mengalami crash sangatlah kecil sekali. 
3. Ringan
Linux juga memakan resource yang kecil, paling tidak dibandingkan Windows sudah pasti lebih kecil. Anda bisa menggunakan Linux bahkan di komputer atau laptop yang menggunakan spesifikasi minimum, dan semua itu bisa running dengan lancar tanpa problem apapun. Apabila hal yang sama Anda gunakan untuk Windows, pada komputer atau laptop berspesifikasi rendah, maka tidak menutup kemungkinan Anda dapat merasakan gejala lagging pada komputer tersebut. 
4. Lebih aman
Dengan menggunakan Linux, maka Anda akan lebih aman dari serangan virus komputer. Hingga sekarang komputer yang menggunakan basis OS Linux sangat jarang terserang oleh virus. Berbeda dibandingkan menggunakan OS Windows. Jadi jika memang Anda tak menggunakan antivirus Premium, maka OS Linux boleh menjadi alternatif pilihan yang oke untuk Anda gunakan. 
5. Lisensi
Yang kelima adalah mengenai masalah lisensi. Rata-rata aplikasi di Windows itu merupakan aplikasi yang berbayar. Untuk Linux, lisensi hanyalah cerita lalu, sebab rata-rata aplikasi yang Anda gunakan untuk Linux itu merupakan aplikasi yang jenisnya open source. Jadi Anda tak perlu membayar lagi. Walaupun memang fitur-fiturnya mungkin masih kalah lengkap dibandingkan dengan aplikasi berbayar di sistem operasi Windows. Tetapi jika sudah dapat memenuhi kebutuhan Anda, mengapa tidak?

 

Kelebihan Windows

Di sini untuk mengoperasikan Windows memang lebih mudah dibandingkan Linux. Karena Windows lebih ke GUI(Graphical User Interface). GUI yang familiar membuat pengguna lebih nyaman berada didepan layar monitor. Hal inilah yang membuat masyarakat kita banyak menggunakan sistem operasi windows. Ditambah lagi, sudah banyak aplikasi dan games yang mendukung Windows. Para developer game lebih mengutamakan membuat game untuk sistem operasi windows karena banyak yang menggunakannya. Ini merupakan kelebihan jika Anda menggunakan Sistem Operasi Windows.

Sekian artikel tentang Linux VS Windows, lebih baik yang mana? Semoga dapat menjawab kebingungan Anda. Jangan lupa berkomentar jika Anda masih ada pertanyaan, saya usahakan menjawab secepatnya.

Gambar Gravatar
Stylist, Genius, Web Wizard, Professional Troublemaker, Blogger, Siri's Ex-Boyfriend. Collected all 151 Pokemon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *