Ayo Migrasi ke Linux!!!

Diposting pada

Semenjak dirilisnya Ubuntu 12.04, Pulung sudah menginstal-nya dan menjadikannya satu-satunya Operating System di laptop. Bermodalkan Tekad yang kuat ( lebay 😀 ) Pulung berani menghapus OS Windows 7 yang dulunya menjadi OS di laptop. Karena Pulung sendiri baru saja menjadi pengguna Linux, maka pulung akan memberikan beberapa tips buat sobat yang juga ingin Menjadi Linuxer (Pengguna Linux) seperti pulung.

 

Tips yang pulung berikan disini berguna untuk mempermudah tahapan-tahapan Migrasi dari Windows Ke Linux. Semoga saja sobat menjadi pemakai Linux Sejati  🙂

 

1. Pilih Distro Linux Sesuai dengan kebutuhan.

Banyak sekali distro linux di internet dengan tujuan yang berbeda-beda juga. Misalnya Distro Linux “Edubuntu” yang bertujuan untuk pendidikan (Edukasi). Ada juga Distro Linux “Backtrack” yang bertujuan untuk hacking. dan masih banyak lagi Distro Linux yang ada di internet. Pulung Sendiri memakai Ubuntu 12.04. Kenapa pulung memakai ubuntu?? yah karena ubuntu mempunyai komunitas dimana-mana dan repository (server berisi semua aplikasi Linux siap instal) yang banyak juga dibanding dengan distro yang lainnya. Jadi, tentukan pilihan sobat yang sesuai dengan kebutuhan  sebelum mulai memakainya.

 

2. Periksa Hardware yang digunakan sebelum menginstal

Meskipun sudah banyak Hardware yang dikenal oleh Linux, tidak ada salahnya sobat memeriksa hardaware sobat lebih dulu sebelum migarasi ke Linux . Misalnya : LAN Card, VGA, Sound Card. Ini hanya untuk mengetahui apakah hardware yang kita pakai sudah dikenal sama Linux atau belum. Situs yang biasa pulung kunjungi untuk pemeriksaan hardware adalah Driver Linux (http://www.linux-drivers.org).

 

3. Cobalah Live CD terlebih dahulu

Hampir semua Distro Linux dapat dipakai sebelum diinstal. Lho, kok bisa?? Bisa kok. Itu karena Linux menyediakan fitur Live CD. Jadi kita dapat mencoba apakah Distro linux yang akan dipakai cocok sama laptop/komputer sobat atau tidak. Jika sobat merasa sudah cocok dengan distro tersebut, sobat dapat langsung menginstalnya..

 

4. Perbedaan instalasi software

Jika di windows sobat menginstal software dengan meng-klik 2x dan hanya menekan tombol next sampai selesai tanpa membaca instuksinya (pengalaman pribadi juga sih 😀 ), sama juga dengan instal software di Linux. Sobat hanya akan meng-klik 2x dan langsung terinstal. Eitss.. Tapi itu hanya berlaku untuk file yang bereksistensi .deb aja loh.. Banyak software linux yang bereksistensi .tar, .tar.gz, dll. Cara penginstalannya pun berbeda-beda. Jika sobat bingung cara menginstal-nya, sobat bisa menanyakan pada pulung. Insya Allah Pulung akan membantu kok.  🙂

 

5. NEKAT..

Yup, dengan modal nekat pulung sendiri berani menghapus OS Windows 7 yang dulu pernah bertengger di laptop. Dengan begitu mau tidak mau harus menggunakan Linux. Dulu ortuku pernah berkata “Bisa karena terbiasa”, Tapi kali ini pulung ubah dikit menjadi “Bisa karena terpaksa”  :D. Terpaksa menggunakan Linux karena Windows telah pulung hapus. Dengan begitu pulung menjadi Linuxer yang terpaksa 😀

 

Oke, sekian dulu tips dari pulung sebelum sobat migrasi dari Windows ke Linux. Semoga pulung dan sobat menjadi Linuxer sejati. Aminn…..

Gambar Gravatar
Stylist, Genius, Web Wizard, Professional Troublemaker, Blogger, Siri's Ex-Boyfriend. Collected all 151 Pokemon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *