Cara Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer

Cara Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer – Tugas sudah siap untuk dicetak, gambar sudah lengkap dan siap untuk dicetak, tersimpan rapih di dalam Micro SD. Dan tiba-tiba, ketika sudah sampai di tukang printer, ingin mentransfer file yang ada di Micro SD, datanglah kesialan itu. Memory Card tidak terbaca di HP dan komputer!

“Apa yang harus kamu lakukan!?”

Bukan hanya kamu saja yang mengalami, banyak orang yang mengalami kesialan kecil seperti ini. Dan sayangnya, ketika hal ini terjadi hanya sedikit orang yang mengetahui dan tahu jalan keluarnya. Oleh karena itu, berawal dari keresahan tersebut, saya membuat artikel perihal cara memperbaiki Micro SD yang tidak terbaca di HP dan komputer.

Pertama-tama, mari kita selidiki kasus yang biasanya terjadi pada HP.

Apa faktor dan penyebab yang membuat Micro SD tidak terdetek atau terbaca pada HP? Pada ponsel, banyak faktor yang membuat Micro SD menjadi corrupt dan tidak terbaca sama sekali. Salah satunya adalah virus. Yap, virus. Hal yang sering kamu remehkan ini bisa menjadi biang kerok penyebab SD Card tidak terdeteksi di HP. Dan kasus paling parahnya berakibat hp Android tidak bisa membaca SD Card!

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk masalah virus, cara terbaik, efektif dan terampuh mengatasinya adalah dengan mencegahnya. Inilah mengapa aplikasi yang menyediakan antivirus cukup penting dan krusial saat ini. Sudah banyak aplikasi yang menjanjikan dapat mengatasi masalah virus-virus membandel ketika kamu menggunakan ponsel Android atau iOs. Avast salah satunya, bisa kamu unduh di Playstore sekarang juga tanpa biaya alias gratis.

Kedua, pada komputer atau laptop.

Untuk lebih jelas mengenai cara memperbaiki Micro SD yang tidak terbaca di HP dan komputer, penting untuk mengetahui apa penyebab ketika memory card kamu tidak terdeteksi pada komputer. Faktor dan penyebab paling sering yang terjadi adalah human error. Yap, kesalahan kamu sendiri!

Baca Juga :   Belajar Mengetik di Komputer Untuk Pemula - Pentingnya Pengetahuan Komputer Mendasar Dan Tips Ketik Cepat

Bagaimana mengatasinya? “Dan apa kesalahan saya!?”

Pernahkah kamu melakukan cabut Micro SD secara langsung tanpa melakukan pengaturan pencabutan memory card? Kalau pernah, selamat kamu baru saja mengetahui penyebab Micro SD kamu tidak terbaca pada HP dan komputer. Hal kecil tersebut, bisa jadi adalah penyebabnya. Dan pada kebanyakan kasus, human error adalah penyebab kasus ini.

Cara Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer

Cara Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer

1. Format Ulang Micro SD

Cara ini adalah cara memperbaiki Micro SD yang tidak terbaca di HP dan komputer paling mujarab. Untuk melakukan format (penghapusan data) pada memory card, kamu bisa melakukan melalui komputer ataupun langsung melalui ponsel Android. Tidak perlu menggunakan aplikasi format sd card, cukup menggunakan fungsi pengaturan > penyimpanan eksternal. Sudah tahu caranya, kan?

2. Bersihkan Dengan Tissue

Cara ini paling sepele dan gampang. Meskipun tidak ada hubungannya dengan teknis tertentu, cara memperbaiki Micro SD yang tidak terbaca di HP dan komputer ini juga perlu kamu lakukan. Cukup mengeluarkan memory kamu dari ponsel, ambil tissue dan bersihkan dengan perlahan pada bagian kuningan dan tembaga. Ingat, jangan menggosok terlalu keras agar tidak timbul kerusakan tambahan.

3. Menggunakan Error Checking Tools Pada Komputer

Ini adalah cara memperbaiki Micro SD yang tidak terbaca di HP dan komputer terakhir. Hubungkan ponsel Android atau ponsel lainnya ke komputer, sebelumnya pastikan kamu konek ke komputer dengan opsi “Mass Storage Mode MSC.” Kemudian, buka Windows Explorer (tekan ctrl + E,) pilih Properties > Tools > Error Checking.
Tunggu langkah pengecekan sampai selesai, lama atau tidaknya tergantung pada kondisi micro SD kamu.



Baca Juga :   Ayo Migrasi ke Linux!!!

Yap, itulah cara memperbaiki Micro SD yang tidak terbaca di HP dan komputer dan beberapa faktor juga penyebab mengapa kasus ini sering terjadi. Yang terpenting adalah, ketika mengalami hal ini, kamu harus tahu terlebih dulu penyebabnya, ketika sudah mengetahui, kamu bisa mempraktekan ara memperbaiki Micro SD yang tidak terbaca di HP dan komputer pada artikel ini.

Leave a Reply