Cara Mengembalikan File Yang Telah Terhapus Permanen Pada PC dan Android

Dapat terjadi pada semua orang, inilah kenapa artikel yang fokus pada cara mengembalikan file yang telah terhapus permanen saya tulis disini.

Saking sibuknya atau karena jadwal dan faktor lainnya seperti terlambat menghadiri suatu acara dan sangat terburu-buru, terhapusnya file atau data penting amatlah menjengkelkan. Ya masih untung kalau setidaknya file yang anda hapus terletak di Recycle Bin sebelum terhapus permanen, bagaimana kalau langsung hilang atau dengan kata lain terhapus permanen!? Panik, kesal, sebel dan jengkel pun menjelma ke seluruh tubuh. Betul?

Pada kasus PC, artikel cara mengembalikan file yang telah terhapus permanen ini tidaklah terlalu menjadi solusi. Kenapa? Karena pada sistem operasi Windows yang kebanyakan komputer punyai, file yang terhapus terlebih dulu akan terlempar ke dalam folder yang disebut Recycle Bin. File yang terhapus dan terlempar ke Recycle Bin dapat dikembalikan dengan cara yang relatif mudah dan tidak perlu memerlukan program apa-apa. Hanya membutuhkan klik restore pada item tertentu atau file yang ingin anda kembalikan. Caranya pun hanya sekedar masuk ke folder Recycle Bin – Pilih item – Klik restore, selesai.

Namun, masalah akan menjadi sangat rumit ketika semua file atau data penting terhapus secara permanen atau dengan tidak sengaja anda menekan tombol Shift+Delete yang membuat file atau data penting tidak terlempar ke Recycle Bin, tapi lagung terhapus permanen!

Presentasi terhapus permanen suatu file atau data penting sangat tinggi bila anda menggunakan Android atau iOs. Kenapa? Karena saat ini ponsel pintar tidak mempunyai Recycle Bin! Artinya, setiap file yang anda hapus dengan kata lain langsung terhapus secara permanen.

Bila itu kasus yang anda alami, cara mengembalikan file yang telah terhapus permanen ini amatlah penting dan dapat jadi solusi untuk anda yang mengalami permasalahan ini.

Baca Juga :   Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Ketika Merakit Komputer Sendiri

Cara Mengembalikan File Yang Telah Terhapus Permanen Pada PC dan Android

Software & Aplikasi Mengembalikan File Terhapus Permanen Terbaik

Untungnya, ada software sakti yang bisa anda gunakan pada komputer atau laptop bersistem operasi populer seperti Windows dan Mac yang anda bisa gunakan sebagai pengembali file atau data yang sudah terhapus permanen. Namanya adalah EaseUS – EaseUS Data Recovery Wizard. Aplikasi ini ternyata bukan hanya tersedia pada komputer, lho! Aplikasi ini juga bisa anda unduh melalui Google Playstore untuk pengguna Android dan bisa diunduh melalui Appstore bila anda menggunakan iOs. Yap, dengan aplikasi cross-platform ini, tentunya amat sangat memudahkan untuk menggunakan aplikasi EaseUS – EaseUS Data Recovery Wizard sebagai cara-cara mengembalikan file yang telah terhapus permanen pada PC maupun ponsel pintar Android dan iOs.

Cara Menggunakan Aplikasi Untuk Mengembalikan Data Penting Yang Terhapus

Aplikasi yang kita gunakan sebagai cara mengembalikan file yang telah terhapus permanen ini mempunyai dua versi, gratis dan berbayar. Apa bedanya? Bila anda menggunakan aplikasi versi gratis, anda hanya bisa menggunakan cara mengembalikan file yang telah terhapus permanen dengan total file tidak lebih dari 500MB. Ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengembalikan file penting yang berukuran besar, nampaknya anda harus membeli aplikasi EaseUS – EaseUS Data Recovery Wizard. Yap, mau tidak mau.

Untuk teknis dan cara penggunaa, menggunakan aplikasi mengembalikan file yang terhapus permanen ini tidaklah sulit, anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan lengkap oleh aplikasi ini.



Jadi untuk anda yang tergolong pemula, untuk mempraktekan cara mengembalikan file yang telah terhapus permanen tidak perlu takut dan melakukan langkah yang salah. Kenapa? Karena fitur dan tampilannya cukup simpel dan sangat mudah dimengerti.

Baca Juga :   Linux Ringan Terbaik, berikut ini Daftarnya

Leave a Reply