7 Trik Jitu Mempercepat Komputer Yang Lambat

Semakin lama, pasti semakin banyak pula software  yang sobat install di PC/Laptop-nya sobat. Dengan banyaknya software yang terinstall maka akan semakin lambat pula kinerja PC/Laptop sobat. Sebenarnya yang Pulung tau ada 2 cara untuk mempercepat kembali PC/Laptop  sobat, yaitu dengan Meng-upgrade Hardware PC/Laptop atau Menghilangkan/Menghapuskan Penyebab PC/Laptop menjadi lambat dengan software.

 

Untuk Meng-upgrade Hardware PC/Laptop, sobat sendiri harus mempunyai dana yang memadai. Karena Harga hardware sendiri tidaklah murah |:-( . Klo sobat mau yang gratis, maka Pulung akan Memberikan beberapa trik dengan menggunakan software gratisan. Maklum, namanya juga mahasiswa. Suka yang Gratisan 😀

 

Untuk Postingan kali ini, Pulung hanya mengambil garis besarnya. Untuk Penggunaan software tersebut, Pulung Akan menulisnya jika ada waktu 😀 . Oke, Apakah sobat sudah siap??? Ini dia Trik Jitunya…..

adsense-fallback

 

1. Backup File

 

Jika sobat mempunyai banyak file, Pulung menyarankan agar sobat mem-backup file tersebut kesebuah hardisk external atau ke CD/DVD. Ini juga untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu sobat mengalami kerusakan pada OS yang sobat pakai, sobat punya file BackUp-nya 🙂 .

 

2. Update Windows

Usahakan Windows yang sobat pakai selalu di Update (Up To Date). Karena setiap software pasti mempunyai kelemahan. Nah, jika Windows sobat di Update terus, kelemahan tersebut akan diperbaiki. Patch Update dari Windows ini sobat dapat men-downloadnya secara gratis jika sobat sudah mengaktifkan fasilitas Windows Update dan memiliki koneksi internet. Untuk cara mengaktifkannya, sobat dapat baca artikel yang Cara mengaktifkan atau Mematikan Automatic Update di Windows 7

 

3. Hati-hati terhadap Spyware dan Virus

Spyware adalah program kecil yang menyimpan informasi tentang aktifitas sobat ketika browsing dan kemudian program kecil tersebut mwngririmnya ke pembuatnya. Sedangkan Virus adalah program kecil yang terpasang tanpa sepengetahuan sobat dan memakai sumber daya PC/Laptop tersebut. Untuk Mencegah Spyware dan Virus, Pulung sarankan sobat memasang anti virus yang sudah teruji. Pulung sendiri memasang antivirus SMADAV untuk mengatasi virus-virus lokal   dan antivirus KASPERSKY untuk virus-virus luar 8) .

 

4. Memperbaiki Registry.

Registry adalah direktori dari semua file dan program di komputer sobat. Jika sobat sering meng-install dan meng-uninstall program, maka registry akan menjadi berantakan. Jika sudah seperti itu maka komputer sobat akan menjadi lambat. Sebaiknya sobat membersihkannya minimal seminggu sekali agar kondisi registry tetap dalam kondisi baik 😉 .

 

5. Uninstall Program yang tidak digunakan

Jika sobat mempunyai banyak software yang tidak terpakai, lebih baik sobat meng-uninstall software tersebut. Karena software tersebut memakai space hardisk dan memory dari PC/Laptop. Saran dari Pulung, Gunakan software uninstaller khusus untuk menghapus software yang tidak terpakai beserta file-file sisa software tersebut 8-)2 .

 

6. Membersihkan File temporary

File temporary adalah file sementara yang disimpan di hardisk. Meskipun hanya bersifat sementara tapi kadang kala ada file yang menjadi permanen. Oleh karena itu sobat harus menghapusnya. Silahkan gunakan software yang bisa menghapus file temporary tersebut agar file tersebut tidak menumpuk tidak menumpuk.

 

7. Fragmentasi File

Jika PC/Laptop sering digunakan, file di hardisk bisa menjadi terpecah-pecah/terfragmentasi. PC/Laptop sobat akan memakan waktu yang cukup lama untuk dibaca. Saran Pulung, Gunakan software disk defragmenter untuk menyelesaikan masalah yang satu ini.

 

Kira-kira 7 trik jitu itulah yang sering pulung sering gunakan ketika merasa PC/Laptop pulung merasa Lambat. Sobat juga bisa mencobanya. Untuk Postingan selanjutnya, Pulung akan Membahas satu per satu software yang akan digunkan untuk mempercepat Komputer yang lambat..

adsense-fallback