Shrink / Resize Partisi di Windows 8

Shrink / Resize Partisi di Windows 8Sebenarnya saya sendiri sudah puas dengan Sistem Operasi Linux. Tapi apa boleh dikata, banyak software yang tidak didukung oleh Linux. Software-software tersebut hanya bisa dijalankan di windows. Software tersebut juga tidak bisa diinstal pada Wine. Satu-satunya cara adalah menjadikan dual boot antara Windows dan Linux. Dual boot sendiri itu artinya kita menginstal 2 Sistem Operasi pada satu laptop.

Nah, untuk dual boot akan saya berikan cara install-nya pada tulisan mendatang. Sekarang  yang kita lakukan adalah mempersiapkan partisi-nya. Cara adalah dengan Shrink / Resize Partisi di Windows 8.

Tips ini menunjukkan cara cepat bagaimana kamu untuk mengubah ukuran atau mengecilkan partisi (C 🙂 di Windows 8 dengan mudah. Dalam beberapa instalasi sistem, Sistem Operasi Windows mengambil seluruh hard drive yang tidak meninggalkan ruang kosong untuk kamu jika kamu membutuhkannya untuk sesuatu yang lain.

Dalam hal ini, satu-satunya pilihannya adalah untuk mengecilkan partisi (C:) untuk menciptakan lebih banyak ruang bebas. Kemudian menggunakan ruang bebas untuk membuat lebih banyak partisi. nah, hal itu yang akan kita bahas pada tutorial kali ini. 🙂

Langkah-langkah Resize Partisi

Untuk memulainya, tekan Windows Key + X pada keyboard-mu untuk membuka Windows 8 Tools Menu. Ketika terbuka, pilih ‘Disk Management’. Lihat gambar dibawah

Ketika terbuka, klik kanan pada partisi (C:) dan pilih ‘Shrink Volume ..’

Kemudian tentukan jumlah ruang yang ingin kamu Kecilkan dalam ukuran MB dan klik ‘Shrink’



Cukup klik Next ketika membuka wizard untuk menciptakan ruang bebas (free space). Setelah melewati wizard, klik kanan ruang bebas (free space) dan ‘pilih New Simple Volume .. ‘ untuk membuat partisi tambahan.

Selanjutnya, Ikuti perintah untuk menyelesaikan partisi.

Baca Juga :   Contoh Strategi SEO yang baik, Sehat untuk Website Anda

Ok, Sekarang partisi sudah dibuat. Kamu bisa melihatnya pada File Explorer. Partisi sudah siap diisi denan data-data anda.

Untuk selanjutnya, insya Allah saya akan menuliskan tentang bagaimana membuat dual boot antara Windows 8 dan Linux.
Have a nice day 🙂

10 Responses to “Shrink / Resize Partisi di Windows 8”
  1. anta
  2. Jenno
    • aNTOK
  3. Eddie
  4. saiful hadi
  5. Ponadi Ibrahim
  6. Website Gratis
  7. hamdan
  8. suhardiansyah

Leave a Reply