Mengenal istilah Domain dan Hosting

Diposting pada

Jika kita akan terjun ke dunia maya, maka yang wajib kita pahami adalah istilah Domain dan Hosting. Dua istilah inilah yang dapat menjadi pilar utama dalam membuat suatu website agar dapat diakses dan dilihat oleh semua orang di penjuru dunia. Secara umum, hosting sendiri itu berarti sebuah penyimpanan online di dunia maya dan domain adalah alamat dimana kita dapat menemukan lokasi dari hosting tersebut. Masih bingung?? Baiklah, saya mencoba menjelaskan lebih sederhana lagi yah… 🙂

Misalkan kita mempunyai sebuah tanah kosong yang akan kita sebuah rumah mewah pribadi. Nah, kalau kita sudah membangun rumah tersebut, kita pasti ingin teman dan kerabat berkunjung ke rumah baru kita tersebut kan?? Maka kita pasti memberikan alama rumah baru kita tersebut. Dari ilustrasi tadi, bisa diibaratkan jika “tanah kosong” itu seperti Hosting, “alamat rumah” adalah Domain, dan “rumah” adalah website kita. Sudah jelas kan…

Mengenal lebih dalam tentang DOMAIN

Domain merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server. Dengan domain, pengguna tidak perlu lagi mengahafal sederetan angka. Maksudnya??

Begini, Sebelum mengenal istilah domain, untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer digunakan alamat IP Address yang berupa sederetan angka panjang seperti yang disebutin diatas. Untuk mempermudah, maka dibuatlah domain agar tidak perlu mengingat angka-angka yang panjang itu.

Misalkan saja. Sebelum ditemukan domain, maka blog ini akan bisa diakses jika pengguna memasukkan IP Address 49.50.8.211. Setelah ditemukan domain, maka blog ini dapat diakses dengan http://pulung.NET

Menurut kalian, lebih mudah diingat 49.50.8.211 atau http://pulung.NET ?? 8-)2

Level DOMAIN

Top Level Domain (TLD)

1. Generic TLD

generic top-level domains (gTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang digunakan secara umum. dan ada juga Country code top-level domains (ccTLD) yang merupakan sebuah level domain tertinggi yang didasarkan pada kode negara. Banyak pengguna yang lebih suka memakai generic top-level domains (gTLD). Berikut daftar generic top-level domains (gTLD)

table{width:100%; padding:5px; border: 1px solid #BEBEBE; margin-bottom:15px;}
th,td{width:auto; padding:5px; border: 1px solid #BEBEBE; }
code {font-size:15px;
background-color:transparent;}
.table-hover tbody tr.success:hover td {
background-color: #F5F5F5;
}
.table-hover tbody tr.error:hover td {
background-color: #F5F5F5;
}
.table-hover tbody tr.warning:hover td {
background-color: #F5F5F5;
}
.table-hover tbody tr.info:hover td {
background-color: #F5F5F5;
}
.table-hover tbody tr:hover td,
.table-hover tbody tr:hover th {
background-color: #F5F5F5;
}

DomainDipergunakan
.aerountuk industri transportasi udara
.asiauntuk perusahaan. organisasi dan individu di kawasan Asia-Pasifik
.bizuntuk bisnis
.catuntuk bahasa / budaya Catalan
.comuntuk komersial, namun tidak terbatas
.coopuntuk koperasi
.eduuntuk lembaga pendidikan
.govbagi pemerintah dan badan-badan penting di Amerika Serikat
.infountuk situs informasi
.intuntuk organisasi-organisasi internasional
.jobsuntuk situs pekerjaan
.miluntuk militer AS
.mobiuntuk situs kategori perangkat mobile
.museumuntuk museum
.nameuntuk keluarga dan individu
.netawalnya untuk infrastruktur jaringan, sekarang bebas digunakan
.orguntuk organisasi
.prountuk profesi tertentu
.teluntuk layanan yang melibatkan hubungan antara jaringan telepon dan Internet
.traveluntuk agen perjalanan, maskapai penerbangan, pelaku bisnis perhotelan, biro pariwisata, dll
2. Second Level Domain (SLD)

Second Level Domain merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri TLD. Misalnya: pulung.NET. untuk “pulung” itu disebut SLD sedangkan “.net” disebut TLD

3. Third Level Domain

Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain. Misalnya nama domain yang saya punya adalah pulung.NET, maka saya dapat menambahkan nama lain sebelum “pulung”, seperti website.pulung.NET atau mail.pulung.NET.

Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst. Untuk lebih lengkapnya, kamu dapat lihat di wikipedia

Domain Indonesia

Indonesia sendiri mempunyai domain khusus. Nama domain ini langsung dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Domain indonesia termasuk dalam Country code top-level domains (ccTLD). Berikut adalah daftar nama domain Indonesia.

DomainDipergunakan
.ac.iduntuk website perguruan tinggi, institut dan sejenisnya
.co.iduntuk website komersial, badan usaha dan sejenisnya
.go.iduntuk website institusi pemerintah dan sejenisnya
.mil.iduntuk website instansi militer
.net.iduntuk website penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi
.or.iduntuk website organisasi
.sch.iduntuk website sekolah
.web.id untuk website pribadi atau komunitas

Mengenal lebih dalam tentang HOSTING

Hosting adalah space harddisk dalam komputer server yang dipergunakan untuk penyimpanan database, email dan file-file yang akan diakses oleh pengguna.
Jika kamu memiliki hosting, maka ada beberapa hal yang perlu diketahui. Ada banyak spesifikasi hosting, tetapi beberapa yang penting adalah :

  1. Space / kapasitas hosting : Ini adalah besarnya ruang yang nanti dapat kamu pakai. Biasanya dalam ukuran Megabyte(mb),Gigabyte(gb), dan Terabyte(tb).
  2. Bandwidth atau besarnya kuota transfer data per bulan. Ini berfungsi sebagai transfer data dari komputer server ke pengguna. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, Gigabytes/bulan. Bandwidth ini direset ke nol tiap bulannya.
  3. Jumlah database : Hal ini yang menentukan berapa banyak database yang dapat kamu buat pada komputer server
  4. Jumlah addon domain : Addon domain adalah salah satu layanan webhosting yang memungkinkan pemilik akun hosting memiliki lebih dari satu domain pada satu hosting yang sama. Intinya, kamu dapat mengarahkan beberapa domain ke satu hosting saja. Tergantung berapa jumlah addon yang tersedia.

Untuk Hosting, saya masih percayakan kepada masterweb.com. Sampai sekarang data saya masih aman dan servernya 96% up terus. Sedangkan untuk domain saya percayakan kepada idwebhost.com

Gambar Gravatar
Stylist, Genius, Web Wizard, Professional Troublemaker, Blogger, Siri's Ex-Boyfriend. Collected all 151 Pokemon.

2 thoughts on “Mengenal istilah Domain dan Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *