Tutorial Install WordPress Menggunakan XAMPP

Diposting pada

Install WordPress Menggunakan XAMPPOk, melanjutkan postingan yang lalu tentang Cara Mudah Instal XAMPP di Windows, selanjutnya adalah menginstal CMS (Content Management System) yang akan kita pakai. Kali ini saya mau membuat tutorial tentang Cara instal wordpress di Localhost. Caranya mudah saja. Mau tau?? Baca saja langkah-langkah berikut dengan seksama.

Langkah- langkah Install WordPress Menggunakan XAMPP

1. Download CMS WordPress Terbaru

Langkah awal adalah mendownload CMS WordPress terbaru, saat tulisan ini dibuat, wordpress yang terbaru adalah wordpress versi 3.1.1, kalian bisa langsung mendownloadnya di situs resminya yang beralamat di http://www.wordpress.org. Setelah selesai download, silahkan kalian ekstrak di C:xampphtdocs (saya beranggapan bahwa kalian menginstall XAMPP pada partisi C) Lihat gambar dibawah ini.

2. Membuat Database untuk WordPress

Langkah selajutnya adalah membuat database untuk wordpress. Jika kita tidak membuat database-nya, maka kita tidak dapat menginstall wordpress. Caranya mudah, klik 2x ikon XAMPP lalu klik Start untuk Apache dan MySQL. Terus klik Admin untuk MySQL.

Sekarang buat database baru, pada kotak 

3. Install WordPress

Nah, saat kita install wordpress pada localhost. Pastikan bahwa Apache dan MySQL masih dalam keadaan Running. Ini penting karena XAMPP yang akan memproses semuanya.

Buka browser kesayangan kalian dan Tuliskan http://localhost/wordpress pada address bar  lalu enter.  Lalu ikuti Langkah-langkah berikut.

  • Klik tombol Create a Configuration File
  • Klik tombol Let’s Go
  • Pada langkah ini, kalian harus sedikit teliti. Pada kolom username dan password isi sesuai dengan username dan password yang kalian pakai pada PhpMyAdmin. Jika kalian tidak menggunakan username dan password, maka kosongkan saja.
  • Klik tombol Run the install
  • Pada form selanjutnya, isi sesuai yang kalian mau. Dan lanjutkan dengan klik tombol Install WordPress
  • Jika kalian mengikuti semuanya dengan benar, maka akan muncul tulisan Succes. Dan bila ingin masuk pada dashboard, klik aja Log in
  • Dibawah ini merupakan tampilan Log in, dashboard, dan Halaman Utama WordPress yang telah kalian Install pada Localhost.


Jika kalian ingin belajar wordpress, lebih baik menggunakan yang offline seperti ini aja dulu. karena kita masih dalam tahap belajar, pasti akan menemukan error-error. Tapi ingat, klo ingin menjalankan wordpress offline ini, kita harus menjalankan (running) program XAMPP terlebih dahulu. klo XAMPP-nya tidak dijalanin, maka wordpress offline ini tidak akan bisa dipakai.

Tambahan

Jika kalian ingin mengakses Halaman awalnya, ketik http://localhost/wordpress

untuk mengakses halaman adminnya, ketikkan http://localhost/wordpress/wp-admin

 

Selamat Belajar….

Gambar Gravatar
Stylist, Genius, Web Wizard, Professional Troublemaker, Blogger, Siri's Ex-Boyfriend. Collected all 151 Pokemon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *