Cara Cepat Belajar Komputer Microsoft Excel – Memahami Fitur dan Lembar Kerjanya

Baiklah teman-teman pembaca sekalian, sebelum saya membahas cara cepat belajar komputer Microsoft Excel, pastinya saya dapat berasumsi anda sudah mengetahui dan mempelajari dasar-dasar pemakaian komputer terlebih dulu. Bila anda sudah dalam kondisi mengerti dan paham apa itu komputer dasar, tidak ada salahnya anda belajar dan mendalami aplikasi Microsoft yang populer, yakni Microsoft Excel.

Cara Cepat Belajar Komputer Microsoft Excel

Sejarah Microsoft Excel

Sebagai tambahan informasi sebelum kita membahas cara cepat belajar komputer Microsoft Excel, baiknya sejarah Microsoft Excel singkat perlu anda ketahui. Kenapa? Ya setidaknya kalau ada lowongan pekerjaan dan anda dituntut untuk mengetahui apa itu Microsoft Excel, anda bisa menjawab dengan singkat, tepat dan padat.

Tepat tahun 1982, perusahaan Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dan akrab dengan sebutan Multiplan. Aplikasi ini sangat populer dalam sistem operasi CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1 -2 – 3. Tentu karena hal ini menuntuk Microsoft untuk lebih melakukan proses kreatif dan akhirnya, membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, sang pembuat; “Do everything 1 – 2 – 3 does and do it better” sebutnya tegas.

Memahami beberapa fitur Microsoft Excel

Untuk cara cepat belajar komputer Microsoft Excel, penting untuk anda mengetahui lembar kerja yang ada pada aplikasi ini. Kenapa? Dengan memahami cara kerja dan fungsi lembar kerja pada tampilan Microsoft Excel, anda tidak perlu lagi mencoba-coba dan bereksperimen untuk apa tombol-tombol yang ada di Microsoft Excel. Tentu ini akan sangat membantu cara cepat anda belajar komputer Microsoft Excel yang anda sedang jalani. Ini dia beberapa lembar kerja dan fungsi tombolnya:

Baca Juga :   Cara mengaktifkan atau Mematikan Automatic Update di Windows 7

Judul Window – Window title terletak di baris paling atas, menampilkan tulisan Microsoft Excel dan nama lembar kerja yang aktif.

Office Button – Ini adalah fitur baru yang terdapat pada Office 2007, fungsinya adalah sebagai pengganti menu file yang berlokasi di pojok kiri atas. Office button berisi perintah standar seperti open, save dan print. Selain itu juga berisi perintah baru seperti finish, publish. inspect document.

Tab Sistem Menu – Menu system merupakan sarana yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk melakukan komunikasi antara pemakai dan lembar kerja.

Ribbon– Fungsinya brisi perintah khusus yang merupakan menu kedua dari tab system menu.

Penggulung Sheet – Untuk melihat worksheet yang tidak tampak di layar, anda dapat memanfaatkan penggulung sheet. Terdapat dua macam penggulung sheet, yakni tipe vertikal (vertical scroll bar) dan horisontal (horizontal scroll bar.)



Baris Formula – Tombol ini menyajikan tiga fungsi, yakni; kotak paling kiri menampilkan informasi tentang nama atau alamat dari sel atau range, tanda sama dengan (=) berguna untuk perbaikan formula atau rumus, informasi yang terletak paling kanan menampilkan isi sel.

Judul Kolom – Column Heading adalah kolom yang dimulai dengan nama mulai dari huruf A, B, C, D, E, F, G, H sampai Z. Jumlah total yang terkandung dalam kolom ini totalnya sebanyak 256 (28) kolom.

Nomor Baris – Row Number dimulai dari nomor 1 sampai 65536 (216) Baris.

Baris Status – Status Bar menampilkan informasi perihal kegiatan yang dilakukan oleh Microsoft Excel dan status keyboard anda.

Penunjuk Sel – Sel Pointer digunakan untuk memberitahu Microsoft Excel dimana suatu aktivitas akan dilakukan, seperti memasukkan data, memformat sel, melakukan perhitungan dan sebagainya.

Baca Juga :   3 Langkah Mudah Import Bookmark dari IE ke Mozilla Firefox 4.0

Cara cepat belajar komputer Microsoft Excel dengan langkah memahami tombol pada lembar kerja Excel sangatlah positif dan memudahkan anda sebagai pemula yang mempraktekan cara cepat belajar komputer Microsoft Excel. Kenapa? Dengan pemahaman setebal dan sedalam ini, cara cepat belajar komputer Microsoft Excel ini akan sangat membantu anda perihal pekerjaan atau karir anda nantinya.

Leave a Reply