7 Teknik Sederhana Untuk Terhindar dari Virus di komputer

Diposting pada

Virus di komputer

Virus komputer adalah perangkat lunak berbahaya yang mereplikasi dirinya sendiri dengan memodifikasi program komputer lain dan memasukkan kodenya sendiri. Sang pembuat virus menggunakan tipuan rekayasa sosial dan memanfaatkan pengetahuan mendetail tentang kerentanan keamanan untuk menginfeksi sistem dan menyebarkan virus.

Dampak virus di komputer Anda:

  1. Kecepatan Komputer: Tanda utama bahwa komputer terkena virus yang tiba-tiba adalah menjadi kurang responsif. Ini masih berlanjut setelah komputer boot ulang karena perangkat lunak berbahaya mulai berjalan kembali.
  2. Mengubah File: Efek lain dari virus komputer adalah modifikasi file pada hard drive. Anda mungkin melihat file baru dan tidak dikenal, folder di hard drive komputer.
  3. Data Rusak: Data yang terinfeksi virus sering kali rusak. Saat Anda mencoba menjalankan aplikasi, Anda mungkin menerima pesan kesalahan/eror tentang file tersebut.
  4. Aktivitas Peramban yang Tidak Biasa: Terkadang Anda menerima munculan yang sama, apa pun laman web yang Anda lihat, hal itu mungkin disebabkan oleh virus. Jika komputer Anda terinfeksi, virus dapat mengubah halaman startup browser Anda ke situs web yang berisi kode berbahaya lainnya.
  5. Komputer menjadi tidak teratur: Karena serangan virus, komputer Anda mungkin menampilkan perilaku acak dan mengejutkan. Penunjuk mouse mungkin mulai melompat-lompat atau berhenti merespons.

Cara untuk tidak pernah terkena virus di komputer Anda

Waspadalah terhadap Tombol Unduhan (Download) Palsu: Tombol unduh palsu dapat muncul di mana saja, tetapi sebagian besar Anda akan menemukannya di situs unduhan. Jika Anda mengeklik unduhan palsu, kemungkinan itu adalah perangkat lunak perusak (malware/virus). Namun Anda dapat menghindari dengan pendekatan ini hanya dengan berhati-hati saat mengklik link dan tombol. Dan coba pertimbangkan hal-hal ini:

  • Pernahkah Anda mengunjungi situs ini sebelumnya?
  • Apakah Anda memeriksa status browser untuk mengonfirmasi tujuan tautan?
  • Apakah teks dan font tombol serupa dengan bagian situs lainnya

Jika Anda ragu tentang pertanyaan Diatas, hindari situs itu, dan cobalah untuk tidak mengunduh apa pun. Jika Anda tidak yakin bahwa situs yang Anda gunakan dapat dipercaya atau tidak, gunakan perangkat lunak antivirus yang bagus untuk tujuan ini. Antivirus Kaspersky adalah pilihan tepat untuk tujuan ini. Muncul dengan banyak fitur memuaskan yang membantu Anda menjaga perangkat Anda tetap aman.

  1. Gunakan Browser yang aman: Versi lama dari browser web mana pun tidak dapat dianggap aman. Aplikasi ini diperbarui secara berkala oleh pengembangnya karena berbagai alasan dan sebagian besar untuk meningkatkan dan menjaga keamanan. Perbankan online, belanja online, dan media sosial memiliki risiko masing-masing. Anda harus menggunakan tautan aman saat menggunakan transaksi online.
  2. Hindari Situs Torrent Publik: Ada dua jenis situs torrent: pribadi dan publik. Anda dapat mengakses kedua situs tersebut menggunakan browser. Cara kerjanya adalah Anda mengunggah lebih dari yang Anda unduh, jika tidak akan dilarang dari situs. Menggunakan situs torrent publik bisa berisiko. Perangkat lunak berbahaya seperti virus, Trojan dapat hadir dalam file yang diunduh.
  3. Hapus File Media yang Memerlukan Codec Palsu: Media dari situs torrent biasanya bisa palsu, dan Anda tidak dapat mengetahuinya sampai sudah diunduh. Biasanya, file video, file game, atau file audio bisa jadi palsu dan sulit dideteksi sampai dijalankan. Jika pemutar media Anda menampilkan kesalahan saat membuka file video, hapuslah sesegera mungkin.
  4. Jangan buka lampiran email yang diteruskan: Email adalah faktor serangan yang terkenal karena worm dan virus. Hindari membuka email dengan file lampiran besar. Jika Anda menggunakan solusi webmail seperti Gmail atau Outlook.com, maka faktor risikonya lebih kecil.
  5. Hanya unduh Aplikasi dari Situs Terpercaya: Sulit untuk membedakan antara file palsu dan asli. Cobalah untuk mengenali file asli untuk unduhan yang aman.
  6. Jangan gunakan Akun Admin Anda: Jangan masuk dengan akun administrator, akun admin penting untuk berbagai tugas tetapi tidak untuk tujuan sehari-hari.
  7. Pindai semua file dan Disk baru: Jika Anda memasukkan disk baru, penyimpanan flash atau file yang baru diunduh, maka selalu pindai sebelum digunakan.

Jadi, ini adalah 7 cara teratas untuk mengamankan komputer Anda dari virus berbahaya. Selalu instal antivirus yang bagus untuk perlindungan penuh.

Stylist, Genius, Web Wizard, Professional Troublemaker, Blogger, Siri's Ex-Boyfriend. Collected all 151 Pokemon.