Install Browser Chrome di Ubuntu 12.04

Jika sobat sudah menginstall ubuntu 12.04 pada laptop/komputer, maka secara default browser bawaannya adalah FIREFOX. Tapi bila sobat menginginkan Google Chrome terinstal pada laptop/komputer sobat, maka pulung akan membantu sobat  đŸ™‚ .

Pada tulisan kali ini memang pulung akan menulis tentang menginstal Browser Chrome di Ubuntu 12.04. Proses instalasi cukup sederhana. Paket installer / software center yang ada di Ubuntu membuat segalanya jadi lebih mudah. Untuk para pemula juga langsung bisa kok, karena instalasi-nya tidak menggunakan terminal, melainkan paket dari Google. Jadi, berikut adalah langkah-langkah cara instalasi Browser Chrome di Ubuntu 12.04.

  1. Download terlebih dahulu paket instal dari google DISINI. Kemudian pilih versi Ubuntu/Debian 32bit. Lihat pada gambar dibawah (Jika sobat menggunakan Ubuntu 64bit, maka sobat harus memilih versi Ubuntu/Debian 64bit)
  2. Klik 2x pada hasil download “google-chrome-stable_current_ i386.deb” Maka secara otomatis “Ubuntu Software Center” akan terbuka seperti pada gambar dibawah ini.
  3. Klik tombol Install yang berada pada pojok kanan “Ubuntu Software Center”. Masukkan password jika diminta. Tunggu beberapa saat, maka tampilan akan seperti gambar dibawah..

Google Chrome sudah terinstal. Jika sobat ingin menggunakannya maka sobat klik “Dash Home” pada launcher yang ada disebelah kanan atau bisa juga menekan tombol “windows” pada keyboard lalu ketik “chrome” seperti gambar dibawah ini.

Pertama kali sobat menjalankan Chrome, chrome akan menanyakan apakah sobat ingin membuat Chrome browser menjadi default Browser. Klik kotak centang dan pilih “Start Google Chrome” jika sobat lebih memilih Chrome sebagai browser utama sobat.

Sampai sini sobat sudah berhasil menginstall browser google chrome. Tips tambahan dari pulung, jika sobat ingin lebih cepat membuka Chrome tanpa harus masuk ke “Dash Home” terlebih dahulu, maka sobat bisa menambahkannya pada “Launcher” Ubuntu, caranya yaitu klik kanan pada ikon Chrome di “launcher” dan pilih “Lock To Launcher”. Setelah itu sobat dapat membuka Chrome hanya dengan meng-klik ikon Chrome pada “Launcher”. Mudah kan… đŸ˜€

6

No Responses

Write a response